Liburan, PU Tetap Ramai Dikunjungi

Read Time:3 Minute, 0 Second

Suasana Perpustakaan Utama UIN Jakarta Saat Liburan, Senin (21/01)
            Jelang liburan semester ganjil, Perpustakaan Utama (PU) UIN Jakarta tetap ramai dikunjungi.  Meski jumlah pengunjungnya jauh menurun dibandingkan saat masa aktif kuliah, sekitar 500 mahasiswa tetap mengunjungi PU setiap hari. Sebagian besar dari mereka merupakan mahasiswa semester delapan ke atas (mahasiswa tingkat akhir).
            Mengejar deadline wisuda, mengejar bebas biaya kuliah semester depan, hingga mengisi waktu sengang liburan sambil mencari referensi skripsi menjadi alasan sejumlah mahasiswa tetap datang ke PU meski libur.
            Salah satunya Hasbi Asydiqi, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) ini datang ke PU untuk menuntaskan revisi akhir skripsinya. “Target saya dua hari ini selesai. Saya ingin mengejar bebas biaya kuliah untuk semester depan karena semua mata kuliah sudah saya selesaikan,” ujar Hasbi, Senin (21/1).
            Hasbi menuturkan, mengerjakan tugas skripsi di PU saat liburan memang lebih nyaman. Menurutnya, suasana di PU saat liburan itu tenang. Bila membutuhkan referensi, ia juga mudah untuk segera menemukannya. “Dibanding di rumah atau di kosan teman, suasana di PU itu lebih kondusif untuk mengerjakan skripsi,” katanya.
            Hal senada juga disampaikan Irna Febriyanti, mahasiswa semester 9 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Ia mengatakan, datang ke PU untuk membahas skripsi yang tengah ia garap. Saat dihampiri INSTITUT, ia bersama seorang temannya memang tengah berbincang seputar skripsi. “Saya ingin menyelesaikan skripsi secepatnya,” tutur Irna.
            Selain mengerjakan skripsi, sejumlah mahasiswa lainnya memanfaatkan liburan ini untuk mencari referensi skripsi di PU. Satu diantaranya, Rahmat Dwi Winardi. Mahasiswa Akuntansi semester tujuh ini mengatakan, ia datang ke PU untuk mencari bahan skripsi.
            “Kalau liburan kan waktunya kosong. Selain itu, kebetulan saya tidak pulang kampung. Jadi daripada nggak ngapa-ngapain, lebih baik saya ke PU aja untuk baca-baca sekaligus untuk mencari bahan skripsi,” tutur Rahmat.
            Terkait hal tersebut, Nuryudi, Pimpinan PU mengatakan, beberapa hari menjelang liburan kuliah, PU memang tidak seramai biasanya. Namun, menurutnya, untuk ukuran liburan, PU tergolong cukup ramai.
            “Di hari-hari aktif kuliah, PU biasanya dikunjungi sekitar 1500 sampai 2000 mahasiswa. Liburan ini sekitar 500 hingga 700 mahasiswa tetap mengunjungi PU walaupun saat ini UIN tengah memasuki pekan libur perkuliahan,” ujar Nuryadi.
            Nuryudi menerangkan, di saat liburan mayoritas pengunjung PU merupakan mahasiswa yang menyusun proposal skripsi atau hanya membaca koleksi skripsi yang ada di PU. Lebih lanjut, menurutnya, saat liburan mahasiswa memang cenderung terkonsentrasi di tempat koleksi skripsi perpustakaan yang berada di lantai 3 PU UIN.
            Terkait jam kunjungan perpustakaan di saat liburan kuliah Nuryudi mengatakan, PU akan tetap buka selama liburan. Selain itu, menurut keterangannya, aktivitas peminjaman buku serta jadwal kunjungan PU juga tetap berjalan seperti biasa. “Ada atau tidak ada pengunjung, PU tidak pernah tutup, kecuali hari libur nasional,” ujarnya.
            Lanjutnya,  PU memang bertugas untuk memberikan pelayanan umum setiap harinya. Selain itu, walaupun libur Nuryudi yakin bahwa mahasiswa tetap membutuhkan perpustakaan. (Adea Fitriana)

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post BMG Wadah Menulis Gratis
Next post Mini Orkestra Addie MS, Saat Klasik Dikemas Menarik