Penipu Ulung Aplikasi Kencan Online

Read Time:2 Minute, 6 Second

Film : The Tinder Swindler

Sutradara : Felicity Morris 

Genre : Kriminal

Rilis : 02 Februari 2022

Durasi : 114 Menit



Generasi alpha merupakan generasi yang sangat bergantung pada media teknologi atau media online. Semua hal ada dalam dunia online dan serba instan, seperti membeli makanan, membeli barang, bekerja. Sekarang ini semua bisa dilakukan dalam dunia online, tidak hanya itu, mencari pasangan pun bisa melalui media online.


Tinder merupakan aplikasi kencan untuk mencari pasangan dari seluruh dunia, mencari pasangan yang sesuai dengan keinginan seseorang sangatlah mudah di aplikasi ini, geser layar, melihat-lihat, cocok langsung hubungi melalui pesan. Aplikasi ini membuat senang untuk beberapa orang yang sedang mencari pasangan hidupnya. Tetapi aplikasi ini malah sering menjadi musibah bagi kehidupan seseorang, karena sering terdapat kasus kriminal yaitu kasus penipuan.


Melalui aplikasi Tinder seorang pria bernama Shimon Hayut melakukan penyamaran sebagai maestro berlian kaya raya, merayu perempuan-perempuan di seluruh Eropa, lalu menipu mereka dengan berjuta-juta dollar. Shimon Hayut pria berkebangsaan Israel yang menipu banyak perempuan di Eropa. Dengan memakai nama samaran Simon Leviev. Ia sering merayu perempuan di aplikasi pencari pasangan, lalu mengajak berkencan dan memberikan janji-janji palsu. Ia juga meminta pinjaman berjuta-juta dollar dari para korbannya untuk membayar paspor dan kepentingannya, alih-alih membayar pinjaman, dia malah meminta uang lebih.


Seorang korban perempuan dari Norwegia bernama Cecilie Fjellhoy yang telah kehilangan berjuta-juta dollar, akhirnya melaporkan Shimon Hayut ke pihak berwajib dan ingin menyebarkan kasus ini ke seluruh dunia. Ia mendatangi kantor jurnalis di Inggris dan bekerja sama dengan mereka. Korban kedua berasal dari Swedia yang bernama Pernila Sjoholm, ia juga telah tertipu berjuta-juta dollar. Saat membaca berita, ia mengetahui bahwa ada jurnalis Inggris yang menyebarkan kasus Simon Leviev, lalu Pernila menghubungi Cecilie untuk bekerja sama dalam menyebarkan berita ini.


Di Amsterdam, Belanda perempuan bernama Ayleen Charlotte adalah korban lainnya, ia mengetahui berita yang tersebar di mana-mana mengenai pacarnya Simon Leviev yang ternyata adalah penipu. Seketika ia langsung menghubungi Cecilie dan Pernila, ia menyusun rencana agar si penipu ini tertangkap dan uang yang ia berikan kepadanya bisa kembali. Alhasil Simon Leviev tertangkap di bandara Athena saat ia hendak pergi ke Praha, Ayleen merasa puas dan ia mendapatkan kembali uangnya dengan menipu dan menjual barang-barang Simon. 


Film dokumenter yang sangat bagus untuk ditonton di masa sekarang, agar selalu waspada dan hati-hati dalam memakai media online. Film ini disutradarai oleh sutradara ternama yaitu Felicity Morris, dia juga memproduseri serial Don’t F**K With Cats: Hunting an Internet Killer, yang memenangkan penghargaan di Emmy Awards. 

Muhammad Naufal Waliyyuddin


 

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Noda Dosen di Cincin Mahasiswa
Next post Pemerintah Belum Menyeriusi Krisis Iklim