Keluh Mahasiswa pada Aplikasi AIS Mobile

Keluh Mahasiswa pada Aplikasi AIS Mobile

Read Time:1 Minute, 57 Second

 

Keluh Mahasiswa pada Aplikasi AIS Mobile

Aplikasi AIS Mobile dikritik oleh para mahasiswa UIN Jakarta, terutama mahasiswa semester dua. Aplikasi tersebut dinilai memiliki sistem yang lambat dan masih memerlukan perbaikan.


Belakangan ini, menjelang keluarnya nilai akhir semester, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengalami kendala dalam membuka aplikasi Academic Information System (AIS) Mobile. Beberapa mahasiswa, terutama mahasiswa semester dua pun mengeluhkan hal tersebut pada Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (Pustipanda) UIN Jakarta. 

Mahasiswi Program Studi Jurnalistik semester dua Yasyifa Pramesti mengaku tak bisa mengakses aplikasi AIS Mobile kala ingin mengecek nilai. Informasi mahasiswanya pun tak bisa terdeteksi oleh sistem. “Saya sudah  mengirim keluhan melalui email Pustipanda, namun tidak ada balasan sampai sekarang,” tutur Yasyifa, Senin (4/7).

Lubna, mahasiswi Program Studi Bahasa dan Sastra Arab semester dua itu pun mengalami kesulitan kala ingin melihat nilai akhir semester. Ia mengaku, ketika ingin melihat nilai, akun AIS miliknya selalu keluar masuk tiba-tiba, sehingga ia hanya bisa melihatnya melalui situs AIS di layar dekstop  saja. “Saran saya lebih baik diperbaiki dan diperbaharui, karena suka keluar dari aplikasi,” tutur Lubna, Senin (4/7).

Tak hanya mahasiswa, dosen pun turut mengalami hal serupa. Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) Ali Irfani menuturkan, dirinya dan beberapa dosen lain pernah mengalami kendala ketika akan menginput nilai mahasiswa. Namun ia memang tak pernah mengeluhkan kendalanya ke Pustipanda dan hanya menunggu informasi dari dosen lainnya.

Ia menyarankan kepada Pustipanda untuk segera beralih ke penyimpanan awan (cloud), karena memiliki sistem yang lebih canggih, efisien, elastis, dan tidak error hanya karena mati listrik. “Saya menduga karena server yang masih menggunakan sistem konvensional sehingga rawan error” tutur Ali, Selasa (5/7).

Kendala ini dibenarkan oleh Staf Pustipanda UIN Jakarta, Indra Menawar. Indra menuturkan bahwa sistem aplikasi AIS Mobile memang sedang mengalami masalah. Namun, kata Indra, jika mahasiswa mengaksesnya melalui desktop atau situs website AIS, akan tetap berjalan dengan lancar. “Hari ini saja sudah tiga mahasiswa yang mengeluhkan masalahnya ke Pustipanda, dan saat ini sedang dalam proses perbaikan,” tutur Indra, Senin (4/7).

Indra juga menambahkan, dalam 2×24 jam terhitung sejak Senin (4/7) atau dalam seminggu ke depan, server akan berjalan lancar kembali. Nantinya, mahasiswa akan mendapat notifikasi pembaruan aplikasi AIS Mobile dari gawai masing-masing, “keluhan sudah kami  terima. Namun karena dalam proses pengembangan, server masih sedikit terkendala,” pungkas Indra.

Reporter: Ken Devina

Editor: Sekar Rahmadiana Ihsan

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Kedudukan HAM Sebelum Revolusi Previous post Kedudukan HAM Sebelum Revolusi
Budaya Jerman dan Prancis di Kampus UIN Jakarta Next post Budaya Jerman dan Prancis di Kampus UIN Jakarta