Pelantikan Ormawa Tanpa Badan Eksekutif dan Legislatif

Pelantikan Ormawa Tanpa Badan Eksekutif dan Legislatif

Read Time:1 Minute, 36 Second
Pelantikan Ormawa Tanpa Badan Eksekutif dan Legislatif

Kemahasiswaan dorong Sema-U untuk segera melaksanakan Pemilwa. Sema-U usulkan UKM dan LO agar dilantik lebih dulu.


UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melantik Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di Auditorium Harun Nasution, Selasa (27/6).  Ali Munhanif, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan melantik Ormawa tanpa Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) dan Senat Mahasiswa (Sema). Terdapat dua puluh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Lembaga Otonom (LO) yang dilantik tahun ini.

Pada tahun lalu, Dema dan Sema turut dilantik bersama dengan Ormawa lainnya. Tahun ini, kemahasiswaan hanya melantik UKM dan LO karena belum ada pergantian kepengurusan Dema dan Sema. Pemilihan Mahasiswa (Pemilwa) yang terlambat menjadi alasan pelantikan untuk Dema dan Sema dilakukan secara terpisah.  

Ketua Senat Mahasiswa Universitas (Sema-U), Muhammad Fadhil Bilad mengatakan pelantikan Ormawa merupakan hasil pertemuan Sema-U dengan jajaran rektorat. Fadhil menuturkan pihaknya mendorong kemahasiswaan agar segera menyelenggarakan pelantikan sebelum memasuki masa libur setelah Ujian Akhir Semester (UAS).

“Karena jika lebih dari tanggal 27 Juni belum dilantik, akan sulit mengatur jadwalnya lagi dikarenakan sudah memasuki hari libur semester,” ungkapnya melalui Whatsapp, Senin (26/6).

Ali Munhanif mengadakan pertemuan dengan Sema-U untuk mendorong pelaksanaan Pemilwa pada Rabu sore (21/6). Hasil dari pertemuan tersebut adalah pelaksanaan pelantikan untuk UKM dan LO yang diusulkan oleh Sema-U. “Tapi hal ini jangan sampai menjadikan Sema-U kemudian mengundurkan diri lagi untuk menyelenggarakan Pemilwa, hak anggaran juga kan nggak bisa dimonopoli begitu,” tutur Ali, Selasa (27/6).

Di sisi lain, salah satu anggota Association Internationale des Étudiants en Sciences Économiques et Commerciales (AIESEC), Don Dewandre mengeluhkan informasi terkait pelantikan Ormawa yang terlalu mendadak. Informasi baru diumumkan satu hari sebelum pelantikan, sedangkan mahasiswa masih melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS). Akhirnya ia datang sendiri mewakili AIESEC untuk pelantikan Ormawa.

“Sebenarnya lebih enak kalau dari Badan Pengurus Harian (BPH) juga ada yang datang, tapi karena mendadak jadi datang aja dulu sebagai perwakilan,” ujar Don, Selasa (27/6).

Reporter: SDC

Editor: Nurul Sayyidah Hapidoh

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
50 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
50 %
Surprise
Surprise
0 %
Tak Ada Kejelasan Linimasa Pemilwa Previous post Tak Ada Kejelasan Linimasa Pemilwa
Menangkis Logika Penolak Permendikbud PPKS Next post Menangkis Logika Penolak Permendikbud PPKS