Kretek, Warisan Sejarah Negara Indonesia

Read Time:5 Minute, 36 Second

Judul: Perempuan  Berbicara  Kretek
Penulis: Abmi  Handayani, dkk
Penerbit: Indonesia  Berdikari
Tahun  terbit: Januari  2012
Harga: Rp45.000,-
Tebal : 320  halaman
Nomor  ISBN: 978-602-99292-18

Di  negeri  dengan  sistem  patriarkhal  yang  melekat  dalam  keseharian  masyarakatnya, tidak  mudah  bagi  seorang  perempuan  untuk  berekspresi. Ada  banyak  hal  yang  tak  pantas  dilakukan  oleh  perempuan. Mereka  seakan-akan  berada  dalam  ruang  yang  memiliki  garis  demarkasi  antara  yang  pantas  dan  tak  pantas  dilakukan. Sayangnya, hal  yang  tidak  pantas  dilakukan  perempuan  justru  sangat  leluasa  dilakukan  oleh  laki-laki  tanpa  ada  pandangan  miring  terhadapnya.

Salah  satunya  adalah  pandangan  miring  masyarakat  terhadap  kretek. Tindakan  mengkretek  yang  dilakukan  oleh  laki-laki, dinilai  sebagai  hal  yang  biasa. Namun, apabila  seorang  perempuan  terlihat  sedang  mengkretek, maka  akan  dilabeli  perempuan  “nakal”.

Buku  berjudul  Perempuan  Berbicara  Kretek  ini   mengulas  ragam  informasi  dunia  kaum  perempuan  berkaitan  dengan  produk  kretek, baik  itu  aspek  historis  maupun  antropologis.  Buku  ini  juga  menyorot  perkembangan  anti  kretek  yang  cukup  meresahkan  bagi  para  penulis, meski  tidak  semua  penulis  buku  ini  adalah  pengkretek. Mereka  menulis  tidak  hanya  untuk  menyuarakan  hak  perempuan, tetapi  juga  untuk  mempertahankan  identitias  dan  penyangga  ekonomi  dan  budaya  Indonesia.

Secara  umum, buku  ini  dibagi  dalam  empat  bab. Bab “Ritus  Keseharian”  membahas  tentang  kehadiran  kretek  dalam  keseharian. Tulisan  Abmi  Handayani  yang  berjudul  “Candu  Jawa” (hlm.3),  berkisah  tentang  pengalaman  Abmi  ketika  mengkretek  di  salah  satu  angkringan  dekat  Universitas  Gadjah  Mada (UGM). Ia  menceritakan, muda-mudi  di  angkringan  tersebut  sering  meliriknya  sambil  berbisik  tak  suka  karena  di  antara  jari  telunjuk  dan  jari  tengahnya  tersembul  rokok. Bagi  mereka, perempuan  yang  merokok  sangat  jauh  dari  moralitas.

Abmi  membantah  perihal  moralitas  itu  dengan  mengulas  kembali  sejarah  di  Indonesia. Tembakau, cengkeh, dan  tanaman-tanaman  di  Indonesia  yang  dihasilkan  menjadi  kretek  merupakan  warisan  dari  nenek  moyang  Indonesia, yaitu  Rara  Mendut. Sejarah  ditemukannya  kretek  dan  diperdagangkan  pun  bermula  di  Indonesia, yaitu  di  Masjid  Kudus  oleh  Sunan  Kudus. Nama  Djamhari, Nitisemito, dan  Nasilah  semakin  jauh  dari  sejarah  negeri  ini. Apalagi  jika  kretek  dihilangkan  dari  Indonesia. Semakin  tenggelam  sejarah-sejarah  yang  pernah  terukir  di  Indonesia.

Bab  “Perempuan  di  Samping  Stigma”  membahas  bagaimana  stigma  buruk  terhadap  perempuan  pengkretek  yang  hadir  di  tengah-tengah  kehidupan  bermasyarakat. Tulisan  Retno  Suyoko  bertajuk  “Celakanya, Sudah  perempuan, Perokok  Pula !” (hlm.115) yang menceritakan pandangan  masyarakat. Bagi  mereka, jejak  perempuan  perokok  melangkah  menuju  sosok yang  ditakuti, atau  perempuan  “nakal” yang  bisa  diajak  berfantasi.  Bagaimana  dengan  laki-laki? Mereka  yang  merokok justru  dianggap  maskulin. Kaum  perempuan  saja  bisa  masuk  dalam  kelompok  marjinal, apalagi  kaum  perempuan  perokok.

Pada  bab  “Dalam  Pusaran  Arus  Zaman”, Bonchie  Yoska  menyuarakan  pendapatnya  tentang  peranan  tembakau  di  negara  Indonesia  yang  makin  tenggelam  seiring  berkembangnya  zaman  dalam  tulisan  berjudul  “Yang  Terlupakan” (hlm. 171). Padahal, tembakau  merupakan  sumber  kekayaan  Indonesia, karena  tembakau  yang  baik  hanya  dihasilkan  di  daerah-daerah  tertentu, salah  satunya  negara  kita  ini. Sebanyak  6,1  juta  jiwa  bekerja  karena  tembakau. Cukai  industri  hasil  tembakau  menyumbang  Rp54,5  triliun  untuk  negara. Siapkah  pemerintah  jika  benar-benar  mengambil  kebijakan  untuk  meniadakan  tembakau?

Sedangkan  bab  terakhir  yang  berjudul “Kretek, Budaya, dan  Keindonesiaan”, tulisan  Devi  Dwiki  berjudul  “Perempuan, Tembakau  dan  Lahbako” (hlm.257)  mengulas  tentang  hubungan  antara  kretek  dengan  budaya  tari  Lahbako, tarian  yang  berasal  dari  Jember. Tarian  tersebut  dibuat  pada  tahun  80-an  atas  prakarsa  Bupati  Jember  selaku  bentuk  penghargaan  terhadap  besarnya  peran perempuan  Jember  dalam  industri  tembakau. Tarian  ini  bercerita  tentang  proses  pengolahan  tembakau  mulai  dari  panen  hingga  pengemasan. Jika  masyarakat  Jember  saja  mau  menghargai  warisan  budaya  dengan  mengapresiasikannya  ke  dalam  tarian, bagaimana  dengan  masyarakat  lain?

Buku  yang  terbit  tahun  2012  ini  ditulis  dalam  bahasa  yang  lugas  dan  mudah  dimengerti. Tulisan  yang  diangkat  dari  para  penulis  berlatar  belakang  Sarjana  Ekonomi  Universitas  Sebelas  Maret, aktivis  perempuan, bendahara  umum  partai  politik, mahasiswa  Antropologi  Universitas  Gadjah  Mada (UGM), dan  berbagai  latar  belakang  lainnya,  mampu  menyadarkan  pembaca  bahwa  tembakau  dan  kretek  memiliki  banyak  nilai  tersembunyi  untuk  perempuan  dan  Indonesia.(Gita Juniarti)

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post NEWSLETTER EDISI PEMIRA 2013
Next post Budaya Konsumerisme Rusakkan Lingkungan