Ulum Janji Perbaiki Hubungan Internal Kampus

Read Time:2 Minute, 45 Second
(Dok. Pribadi)

Bermula dari pengalaman berorganisasinya di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Muhammad Ulum, membulatkan tekadnya untuk mencalonkan diri sebagai ketua Dewan Mahasiswa Universitas (Dema-U). Selama satu periode kepengurusan di HMJ, ia berada di bawah divisi Penelitian dan Pengembangan (Litbang).
Memasuki tahun kedua perkuliahan, Ulum mengikuti open recruitment Dewan Mahasiswa Fakultas (Dema-F) dan diterima sebagai anggota divisi litbang. Karena masa jabatan yang cukup lama, Ulum beralih jabatan dari anggota litbang menjadi wakil sekretaris jenderal (wasekjen) di fakultasnya.
Tak berselang lama, Ulum diminta untuk menjadi sekretaris di Dema-U. Dengan  pengalaman organisasi di dalam kampus yang cukup mumpuni, Ulum mengajak Dedi Eka Setiawan untuk mendampinginya sebagai wakil ketua di Dema-U.
Dengan visinya yang bertujuan untuk memajukan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di bidang keilmuan, berkarakter islami, dan membawa nilai-nilai keindonesiaan, pria kelahiran Jakarta ini berhasil menjadi ketua Dema-U terpilih. Ia mendapat perolehan suara sebanyak 4.144 suara di Pemilihan Umum Raya (Pemira) 2014 ini.
Selaras dengan misinya yang ingin menjalin, mempererat, dan memperkokoh hubungan dengan seluruh civitas akademika UIN Jakarta, Ulum ingin memperbaiki hubungan antara Dema-U, organisasi internal kampus, dan seluruh mahasiswa. Ia menyadari, selama ini Dema-U kurang menjalin komunikasi dengan lembaga kemahasiswaan lainnya. “Saya harap nanti Dema-U bisa diterima dan dapat mewadahi aspirasi serta kreativitas mahasiswa,” papar mahasiswa semester tujuh ini, Kamis (4/12).
Sebagai langkah awal untuk mewujudkan visi dan misinya, pria kelahiran 4 Juni 1993 ini berencana untuk membuat kegiatan yang akan    menyatukan fakultas dan jurusan di UIN Jakarta. Ulum menyatakan, masih terdapat gap dalam hubungan antara fakultas dan jurusan.
Ulum memaparkan, bentuk kegiatan yang akan ia laksanakan untuk mempererat hubungan antara mahasiswa yaitu berupa olimpiade di bidang olahraga dan kesenian. Ia menambahkan, sebagai wadah dalam menyalurkan minat dan bakat mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pun akan diikutsertakan dalam kegiatan tersebut. “Dema-U akan memperbaiki komunikasi dan koordinasi dengan UKM,” kata mahasiswa jurusan Manajemen Keuangan ini.
Selain olimpiade, Dema-U juga akan    mengadakan forum diskusi yang akan dihadiri oleh forum fakultas, forum jurusan, forum primordial, dan UKM. Rencananya forum tersebut diadakan satu atau dua minggu sekali. “Dalam forum itu akan membahas ide serta gagasan mahasiswa dalam rangka memajukan UIN Jakarta,” tutur Ulum.
Nantinya, Dema-U akan lebih mendengarkan dan menyalurkan aspirasi mahasiswa. “Pastinya Dema-U akan lebih mengutamakan kepentingan mahasiswa daripada rektorat. Ada hal apa pun dari rektorat Dema-U akan segera memberitahu fakultas, jurusan, dan UKM, ” kata Ulum.
Selain itu, apabila ada keputusan rektorat yang represif, Ulum mengatakan, lembaga internal UIN Jakarta harus memperbaiki pola komunikasi terlebih dahulu demi menyatukan suara mahasiswa. Ia menambahkan, setelah adanya komunikasi, barulah diadakan diskusi bersama untuk memutuskan apakah mahasiswa akan bertindak pro atau kontra. Lalu, lanjutnya, keputusan tersebut akan dibicarakan dengan pihak rektorat.
Dalam masa jabatannya sebagi ketua Dema-U, ia ingin lebih memublikasikan fakultas dan jurusan umum yang ada di UIN Jakarta. “Merupakan suatu kebanggaan tersendiri apabila fakultas dan jurusan umum bisa lebih maju dan terkenal daripada saat ini,” ujar Ulum.
Menurut Ulum, tanpa harus dipublikasikan ke masyarakat, fakultas keagamaan di UIN sudah terkenal. “Jika ada kegiatan-kegiatan di luar UIN saya akan memperkenalkan fakultas dan jurusan umum seperti FEB, Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), tapi bukan berarti mengesampingkan fakultas keagaaman,” jelas Ulum.

JK

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Pamflet Beraroma Kampanye Hitam
Next post One Man One Vote Suguhkan Pemira Berdemokrasi