Sang Pelari yang Tak Pernah Menyerah

Read Time:2 Minute, 36 Second

Judul                 : Unbroken
Tanggal Rilis     : 25 Desember 2014
Sutradara           : Angelina Jolie
Durasi               : 137 menit
Bahasa              : Inggris, Jepang
Genre                : Drama, Perang

Sebelum menjadi atlet olimpiade lari, Louie hanya seorang anak laki-laki yang suka berkelahi, merokok, dan meminum alkohol. Suatu hari, Pete (Alex Russell), kakak lelaki Louie, melihat potensi Louie saat berlari. Menyadari bakat yang dimiliki Louie, Pete meyakinkannya untuk menjadi atlet lari.



Itulah sebagian adegan dalam film Unbroken. Film yang diangkat dari kisah nyata ini, menceritakan perjuangan hidup Louis Zamperini (Jack O’Connell), seorang atlet olimpiade lari keturunan Italia.

Sukses menjadi atlet di berbagai kejuaraan lari, tak kemudian membuat Louie melepaskan kewajibannya sebagai warga negara Amerika Serikat. Pecahnya Perang Dunia II, membuatnya harus mengikuti wajib militer dan bergabung dengan Angkatan Udara (AU) Amerika dan ikut berperang.

Ketika berperang, mesin pesawat tempur yang ditumpangi Louie dan rekannya rusak. Tak membutuhkan waktu yang lama, pesawat itu jatuh ke dalam lautan. Beruntung, Louie beserta dua orang temannya, Phil (Domhnall Gleeson) dan Mac (Finn Witrock), selamat dari kejadian tersebut.

Di tengah laut, Louie dan dua temannya harus bertahan hidup hanya dengan berbekal dua buah sekoci dan persediaan makanan yang terbatas. Sayangnya, Mac meninggal dunia sebelum pertolongan datang.

Setelah 47 hari berada di tengah laut dan menghadapi berbagai ancaman badai serta ikan hiu, Louie dan Phil ditemukan oleh pasukan Jepang. Kemudian mereka pun ditangkap lantaran memang kala itu pihak Amerika berlawanan dengan pihak Jepang.

Semenjak itu, Louie dan Phil menjadi tawanan perang Jepang. Mereka menjalani hari-hari penuh siksaan di kamp tahanan. Watanabe (Miyavi), perwira Jepang yang bengis dan tak berbelas kasih seringkali memerhatikan dan mengincar Louie hanya untuk dihukum dan dipukuli. Bahkan, saat Louie tak sengaja menatap mata Watanabe, ia langsung dipukul dengan tongkat kendo milik Watanabe.

Louie yang lemah dan bertubuh kurus juga pernah diperintah oleh Watanabe untuk mengangkat balok kayu berukuran besar. Dengan kakinya yang goyah akhirnya Louie dapat mengangkat balok kayu tersebut. Tanpa berkedip, sorot mata Louie tajam menatap Watanabe. Perwira Jepang itu menyuruh anak buahnya menembak Louie jika balok kayu tersebut terjatuh.

Tak hanya itu, pernah suatu saat Louie diminta untuk berbicara dalam suatu program radio di Jepang. Awalnya, ia merasa senang karena bisa mengabari keluarganya bahwa ia masih hidup.

Lalu, Louie diminta untuk menyampaikan berita bohong mengenai Amerika Serikat. Louie memilih untuk tak melakukannya dan kembali ke kamp tahanan. Sesampainya di kamp, Watanabe malah menghukum Louie dengan menyuruh satu-persatu tahanan untuk memukul wajah Louie.

Film yang diangkat dari novel karya Laura Hillenbrand berjudul Unbroken : A World War II Story of Survival, Resilience, and Redemption ini, menggambarkan sosok Louis Zamperini yang tak mudah menyerah, setia pada negara, dan tetap memegang teguh keyakinannya.

Lewat Unbroken, penonton diajak untuk merasakan kepedihan dan semangat hidup yang luar biasa dari para aktor Unbroken. Film yang masuk nominasi Piala Oscar dalam kategori Best Cinematography, Best Sound Mixing, dan Best Sound Editing ini memberikan sebuah pelajaran hidup yang sangat berarti dari Louis Zamperini, bahwa balas dendam tidaklah lebih baik dari memaafkan.

Lihat review-nya disini:


Jeannita Kirana

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Dilema Pertarungan Soal Tembakau
Next post Pentingnya Penelitian Ilmiah Bagi Mahasiswa