101 Kekuatan Berpikir Positif

Read Time:2 Minute, 43 Second
Sumber: Internet

Judul               : Chicken Soup for the Soul: Think Positive
Penulis             : Jack Canfield, Mark Victor Hansen, dan Amy Newmark
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Isi                    : 484 halaman
Terbit               : Maret 2013
ISBN               : 978-979-22-7195-9

Seringkali dalam menghadapi masalah, kita berlaku seakan-akan itu adalah hal buruk. Padahal, bisa saja kita mengambil tindakan positif dengan menganggapnya sebagai sesuatu yang baik. Sesungguhnya, tak ada satu pun keburukan jika kita bersyukur dan bersikap positif.

Seperti Beth Morrissey, ia didiagnosis menderita Myasthenia Gravis (MG), suatu bentuk distrofi otot langka yang menyebabkan kelemahan otot. MG membuat Beth kesulitan melakukan kegiatan yang biasa menjadi rutinitasnya. Bahkan, ia merasa kelelahan ketika mencuci rambut dan tidak bisa menaiki tangga.

Ada kalanya ia melantunkan, “Hanya sekali lagi, hanya sekali lagi”, yaitu saat ia berjuang keras melangkah, mengiris makanannya sendiri, dan menaiki tangga. Begitu pula ketika pembedahan untuk meredakan MG-nya tidak menghasilkan perubahan, ia pun berjalan dengan tongkat dan kembali melantunkan kata-kata itu.

Sesekali Beth kesal dengan banyak hal yang tidak bisa dilakukannya. Ia juga iri ketika memerhatikan orang lain yang sedang menari, berlari, berenang, atau bahkan menggendong bayi.

Tetapi, ia mengingat perkataan terapis fisiknya bahwa kesehatan bukanlah suatu kompetisi sehingga ia tidak perlu memikirkan kesehatan orang lain. Setidaknya ia masih bisa berjalan, sedikit menari, berenang dengan caranya sendiri, dan menggendong bayi walau hanya sebentar.

Selain menganggap usaha kecil itu penting, Beth sebisa mungkin bersikap positif dalam keadaan apapun. Sekalipun keadaan sulit bisa menjatuhkannya dalam sekejap, ia memilih mengambil pandangan positif dengan menikmati apapun yang bisa dilakukannya.

Lalu, ada juga kisah Diane Stark yang menceritakan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus wanita karier. Suatu hari, Diane tidak bisa meluangkan waktu pada hari libur anak-anaknya. Ia terlalu sibuk dengan tugas-tugasnya, yaitu artikel yang harus diselesaikan, pakaian kotor yang menumpuk, rumah yang masih berantakan, dan belanjaan yang harus segera dibeli.

Hingga suaminya pulang kerja, Diane segera menjelaskan bahwa ia dan anak-anaknya tidak melakukan hal yang istimewa untuk mengisi hari libur. Tetapi, kemudian anak-anak Diane berkata bahwa apa yang mereka lakukan seharian sangat menyenangkan. Hal-hal kecil seperti mengecat kuku, makan siang yang tidak sehat, dan bermain toko-tokoandapat membawa kebahagiaan untuk mereka. Meski sederhana, anak-anak Diane menunjukkan kalau kebahagiaan bisa hadir di mana saja dan kapan saja.

Itulah sepenggal kisah dari buku Chicken Soup for The Soul: Think Positive. Buku setebal 484 halaman ini ditulis oleh Jack Canfield, Mark Victor, dan Amy Newmark. Chicken Soup for The Soul: Think Positif berisi 101 kisah tentang mensyukuri karunia dan bersikap positif. Buku ini ditulis dengan ringan dan menyangkut kehidupan sehari-hari sehingga pembacanya akan lebih mudah menangkap pesan yang diutarakan.


Buku ini menginspirasi kita bahwa mensyukuri karunia dan bersikap positif adalah cara menghadapi berbagai persoalan hidup. Bahwa kita tidak perlu mengeluh saat menghadapi suatu masalah, tapi cukup mengubah pemikiran negatif menjadi positif.


IK

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Pentingnya Sertifikasi Bagi Akuntan
Next post Mahasiswa dan Kebangkitan Nasional