Jalan Terjal Rob Menjadi Tabib

Read Time:2 Minute, 28 Second
Judul                : The Physician
Tahun Rilis      : 25 December 2013
Pemain             : Tom Payne, Ben Kingsley, Stellan Skarsgard, Olivier Martinez, Emma Rigby
Sutradara          : Philipp Stolzl
Durasi              : 150 menit
Genre               : Drama, Petualangan, dan Sejarah
Sambil memandangi jenazah ibunya, Robert Cole bertekad untuk mempelajari ilmu kedokteran. Tekadnya ini bukan tanpa alasan, minimnya ilmu kedokteran dan tidak adanya tenaga medis mendorongnya untuk mempelajari ilmu tersebut. Ia lantas menjadi asisten dari tukang cukur—sebutan untuk seseorang yang dapat mengobati penyakit di zaman Romawi.

Hampir sepanjang hari, Rob sapaan akrabnya, bersama dengan tukang cukur berkeliling menjajakan obat dan mengobati penyakit kasat mata seperti sakit gigi, kutil, amputasi kaki. Namun, usia tukang cukur yang semakin tua, menyebabkan ia menderita penyakit katarak.

Rob lalu membawa tukang cukur ke tiga orang tabib Yahudi untuk segera diobati. Operasi yang mereka lakukan berhasil. Tukang cukur kini dapat melihat kembali. Rasa penasaran Rob, membuatnya bertanya kepada siapa tiga orang tabib itu berguru. Tabib Yahudi itu pun menjawab bahwa ia belajar dari Ibnu Sina, tabib terbaik di dunia yang tinggal di Isfahan.

Keinginannya untuk menambah ilmu kedokteran, membawanya hingga ke Kota Isfahan. Selama setahun perjalanan,  ia menyusuri pantai utara Afrika dan sempat singgah di Mesir. Di kota tersebut, ia bertemu dengan Rebecca.

Ketertarikan Rob pada Rebecca tumbuh saat mereka merawat seorang anak kecil. Mulanya, Rebecca menemukan seorang anak perempuan yang tersesat di gurun pasir. Melihat kondisi anak yang tidak berdaya itu, Rebecca segera memberikan pertolongan kepadanya. Ia dan Rob pun lantas bekerjasama demi menyembuhkan anak perempuan tersebut.

Namun, Rob terpaksa melepaskan cintanya karena ia kehilangan Rebecca dalam badai pasir yang terjadi. Dengan perasaan sedih, Rob kemudian meneruskan perjalanannya untuk bertemu dengan Ibnu Sina.

Kedatangan Rob di Kota Isfahan, mulanya tidak disambut dengan baik. Salah seorang penduduk, menganggap Rob adalah warga ilegal yang datang untuk berguru ke Ibnu Sina. Tidak hanya itu, ia bahkan mendapat perlakuan diskriminatif dari warga sekitar.

Dalam keadaan Rob yang tidak berdaya, Ibnu Sina datang menolong dan menyembuhkannya. Ibnu Sina yang mengetahui potensi yang dimiliki Rob, memberikan tawaran untuk belajar di Madrasah Ibnu Sina. Rob diberi kesempatan untuk menimba ilmu kedokteran di sekolah tersebut.

Petualangan Rob menyembuhkan masyarakat berlanjut, saat warga Isfahan terserang penyakit black death—bisul hitam berukuran besar yang mematikan. Ibnu Sina bersama dengan murid-muridnya tetap berada di Isfahan untuk menemukan obat dari penyakit  tersebut. Akhirnya, penyakit yang ditularkan melalui tikus tersebut dapat diatasi.
Film yang diangkat dari sebuah novel berjudul The Physician ini, menyajikan kisah perjuangan mencari ilmu kedokteran dalam 150 menit. Kegigihan Rob mempelajari ilmu kedokteran hingga hijrah ke kota Isfahan telah mengajarkan manusia untuk tidak mudah putus asa dalam mencapai cita-citanya. Sementara itu, sosok Ibnu Sina juga mampu menyadarkan manusia untuk bersikap bijaksana.

Lihat review-nya disini: 

RI

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Organisasi Islam Lahirkan Kader Umat
Next post Ramai-Ramai Angkat Kaki