Perjalanan Antariksawan Menembus Ruang dan Waktu

Read Time:2 Minute, 41 Second



Judul: Interstellar
Sutradara: Christoper Nolan
Tahun: 2014
Durasi: 169 menit

Genre: sains fiksi, petualangan


Kegagalan panen yang terus terjadi membuat penduduk Bumi terancam punah. Saat itu Amerika Serikat tengah mengalami penyusutan sumber makanan akibat ladang petani diserang oleh hama hawar. Kebun gandum dan jagung yang dulunya kebutuhan pokok, kini yang tersisa hanyalah ladang jagung.
Di suatu desa terpencil, terdapat satu keluarga kecil yang memiliki ladang jagung. Cooper (Matthew McConaughey) adalah seorang petani sekaligus seorang ayah yang memiliki dua anak. Dulunya, Cooper merupakan pilot terbaik yang dimiliki National Aeronautics and Space Administration (NASA). Namun setelah terjadi kecelakaan dalam uji coba NASA, ia berhenti menjadi pilot.
Salah satu Putrinya, Murphy (Jessica Chastain) memberitahu ayahnya tentang keberadaan makhluk asing di kamarnya. Murphy mengaku bahwa makhluk itu berusaha berkomunikasi melalui sandi morse dan berkaitan dengan pangkalan rahasia NASA. Kemudian Murphy menuntun ayahnya ke tempat tersebut. Di sana, Cooper bertemu dengan Profesor Brand (Michael Caine) dan membicarakan terkait kepunahan manusia. 
Dalam menyelamatkan manusia dan menemukan tempat tinggal baru, Cooper dipilih kembali untuk menjadi pilot dalam misi Lazarnus. Cooper diminta menerbangkan pesawat luar angkasa Endurancebersama tim yang telah dibentuk. Bersama Amelia Brand (Anne Hathaway), Romilly (David Gyasi), dan Doyle (Wes Bentley), mereka berangkat dengan ditemani satu robot bernama TARS menuju planet Saturnus.
Namun, Murphy menolak ayahnya bergabung dengan Endurance. Ayahnya berusaha menyakinkan Murphy dengan berjanji akan kembali ke Bumi dengan selamat. Namun, Murphy teringat akan masa lalu ayahnya yang pernah mengalami kecelakaan. Hal ini membuat hubungan ayah dan anak menjadi tidak harmonis.
Di dalam perjalanan, Cooper bersama timnya mengalami masalah terkait perbedaan waktu antara Bumi dan galaksi yang mereka tuju. Satu jam di galaksi baru sama dengan 23 tahun di Bumi. Jika mereka menunda waktu, maka umur manusia di Bumi semakin tua.
Tak lama kemudian, Endurancemelewati sebuah lubang cacing yang menghubungkan antara galaksi Bumi dan galaksi baru. Di tempat tersebut, Endurance mendapat sinyal dan menuntun sampai kepada planet Miller. Namun nyatanya, planet tersebut tidak layak huni akibat gelombang pasang yang terus terjadi.
Demi menyelamatkan diri dari gelombang pasang, mereka terpaksa menggunakan bahan bakar yang banyak. Akibat terbatasnya bahan bakar, Endurance harus memilih salah satu dari planet Mann atau Edmunds untuk tujuan berikutnya. Akan tetapi, terjadi perdebatan antara Amelia dan Cooper dalam memilih planet selanjutnya. Akhirnya mereka sepakat memilih planet Mann.
Pada akhirnya, misi Lazarnus berhasil setelah Cooper dan robot TARS masuk ke dalam Gargantua untuk mengumpulkan data mengenai singularitas. Namun nyatanya, Cooper terjebak di ruang dimensi waktu, antara masa depan dan masa lalu. Di sana, Cooper melihat anaknya dan berusaha berkomunikasi. Dari sini Cooper menyadari bahwa dirinya adalah makhluk asing yang disebut anaknya.
Film Interstellar menjelaskan tentang perjalanan ke luar angkasa yang melewati dimesi waktu. Dalam cerita film tersebut banyak menggunakan istilah-istilah luar angkasa yang hanya sebagian orang dapat memahaminya, selain tentang teori relativitas Einstein sebagai unsur utama dalam film ini dan hukum fisika lainnya. Film sains fiksi yang lebih banyak menyajikan visual efek ilmiah.
Film yang disutradarai Christopher Nolan masuk dalam lima nominasi Oscars di ajang Academy Awards 2015. Best Original Score, Best Sound editing, Best Sound Mixing,Best Production Design, dan Best Visual Effects. Selain perngahargaan dari Oscars, Interstellar juga bersinar di ajang Saturn Awards 2015 dengan merebut enam penghargan termasuk kategori utama sebagai Best Science Fiction Release sesuan dengan jenis filmnya.

HS 

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Publikasi Skripsi Digital Terhambat
Next post Rajut Kebersamaan di Bulan Ramadhan