Jadikan Donor Darah Sebagai Solusi Sehat

Read Time:1 Minute, 49 Second
Jakampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta kerjasama dengan Palang Merah Indonsia (PMI) Korps Sukarelawan (KSR) UIN Jakarta menggelar acara donor darah di Aula Student Center, Rabu (2/10). Acara yang mengusung tema Sehat Untukku, Manfaat Bagimu tersebut guna menyambut Hari Kesehatan Jiwa pada 10 Oktober 2017 mendatang.
Terselenggaranya kegiatan tersebut memberi warna baru dalam sepak terjang komunitas pendukung kesebelasan sepak bola Persija Jakarta tersebut. Jika biasanya mereka berada di stadion memberikan dukungan, kali ini dengan atribut jersi Persija meraka hadir berbondong-bondong mendonorkan darah. Selain anggota Jakampus UIN Jakarta, Jakampus dari beberapa universitas lain pun turut berpartisipasi dalam acara tersebut.
Kegiatan ini mendapatkan tanggapan positif dari para peserta donor darah. Salah satunya Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Mohammad Rizki Rinaldi. Ia merasa senang ikut menjadi peserta donor darah karena dapat membantu sesama. “Semoga kegiatan semacam ini kedepannya lebih banyak lagi yang berpartisipasi,” ungkapnya, Rabu (02/10).
Hal senada juga diutarakan oleh salah satu anggota Komunitas The Jak Depok Riadi. Ia datang untuk ikut serta melakukan donor darah. “Dengan ini dapat membantu saudara-saudara kita yang tengah membutuhkan darah,” tegasnya, Rabu (02/10).
Menurut Ketua Koordinator Acara dari Jakampus UIN Jakarta Riki Halim, digelarnya acara tersebut untuk menumbuhkan jiwa sosial khususnya bagi anggota Jakampus. Terlebih menurutnya seorang pendukung bola harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi, karena seorang pendukung berhubungan langsung dengan masyarakat. “Pendukung harus mempunyai ranah sosial,” ungkapnya, Rabu (04/10).
Pria yang akrab disapa Bemo tersebut juga mengungkapkan, selain kegiatan donor darah Jakampus juga rutin mengadakan kegiatan bakti sosial lain. Misalnya saja kegiatan peduli pendidikan bagi anak-anak jalanan yang digelar pada tahun sebelumnya. Tak hanya itu, Jakampus pun turut melakukan penggalangan dana bagi korban bencana.
Sedangakan Koordinator Acara dari KSR PMI UIN Jakarta Arifah menjelaskan, kegiatan donor darah dapat menyehatkan tubuh. Menurutnya, regenerasi darah yang ada dalam tubuh sangat diperlukan. Ia pun menganjurkan bagi pendonor agar terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan istirahat dan makan makanan bergizi minimal tiga hari sebelum donor darah.
Tak hanya itu, lanjut Arifah, calon pendonor juga melalui beberapa tahap pengecekan kesehatan. Sebelum donor darah dilakukan pendonor pun harus dipastikan dalam kondisi sehat. “Jadi tidak semua calon pendonor dapat mendonorkan darah,” pungkasnya, Rabu (04/10).



MRIM

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post UKT Anti Orang Miskin
Next post UKT Tak Tepat, Kuliah Terhambat