Peringati Arkadia 30 Tahun

Peringati Arkadia 30 Tahun

Read Time:1 Minute, 42 Second

Peringati Arkadia 30 Tahun
Kelompok Pecinta Alam (KPA) Arkadia adalah organisasi intra kampus yaitu yang bergerak di bidang kepecintaalaman. Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini berdiri sejak tahun 1989. Telah mencapai tiga dekade berdiri, KPA Arkadia memperingati dies natalisnya dengan melaksanakan Diskusi Publik Karst untuk Kehidupan dan Live Music bertajuk ‘Tiga Dekade Arkadia’.

Pada Senin (14/10), Diskusi Publik dilaksanakan bersama Divisi Kebencanaan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia Melva Harahap, Pelaksana Tugas Sekretaris Umum ISS Tiara E. Ardi, dan Tim Arkadia’s Women Ekspedition yang terdiri dari Syifa Wardah, Nadila Ramadhani, dan Yusrika Setyaningrum. Mereka membentuk tim ‘Tri Hita Karana’ pergi ke Pulau Bawea, Jawa Timur untuk melakukan beberapa kegiatan ekspedisi.

Ekspedisi dimulai pada Jumat (20/9) silam. Ketiga ekspeditor tersebut melakukan misi seputar pendataan, maping gua, dan pembentangan bendera raksasa. Pendataan tersebut dilakukan di Pulau Bawean, Jawa Timur yang mempunyai banyak kebudayaan, tetapi tidak diketahui masyarakat luas. Tri Hita Karana mencari tahu apa saja yang ada di Pulau Bawean. Mereka pun menemukan Durung–tempat tradional yang biasa digunakan untuk berkumpul dan pemakaman Sunan Boning.

Selanjutnya, Tri Hita Karana melakukan pemetaan keberagaman hayati yang ada di gua, pemetaan titik kordinat, pengukuran diameter mulut gua, dan wawancara untuk menggali informasi mengenai gua yang ada di Pulau Bawean. Terakhir, mereka melakukan pembentangan bendera berukuran 10×11 meter di dasar gua.

Selain itu, Arkadia mengadakan penyusuran ke gua seperti latihan gabungan bersama di Jonggol, Jawa Barat. Sebagai pusat informasi nasional bagi Mahasiswa Pecinta Alam se-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia, hal tersebut menjadi salah satu rangkaian dari peringatan dies natalis ke-30 KPA Arkadia. Sebagai penutup rangkaian kegiatan, Arkadia juga menggelar Live Music ‘Tiga Dekade Arkadia’ pada Senin (14/10) malam di Lapangan Parkir Student Center UIN Jakarta.

Seluruh rangkaian kegiatan tersebut tentu tidak semata untuk memperingati genapnya umur Arkadia yang mencapai kepala tiga. Namun, juga bertujuan utama untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama anggota. Ketua Pelaksana Tiga Dekade Arkadia Salma Hanawati juga berharap, alam Indonesia bisa lebih baik ke depannya. “Mahasiswa dan masyarakat harus menjaga dan melestarikan lingkungan,” jelas Salma, Senin (20/10).

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Muda, Berkarya, dan Berprestasi Previous post Muda, Berkarya, dan Berprestasi
Bumi Manusia: Perlawanan Menghapus Feodalisme Next post Bumi Manusia: Perlawanan Menghapus Feodalisme