Sparing Partner Catur Bersama Forsa Chess Club

Read Time:1 Minute, 51 Second

 

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), salah satunya adalah Federasi Olahraga Mahasiswa (Forsa). Forsa UIN Jakarta menaungi 14 cabang olahraga termasuk catur. Baru-baru ini tepatnya tanggal 15 Juni lalu, Forsa Catur UIN Jakarta  mengadakan sparing partner dengan Universitas Airlangga (Unair).

Ketua Forsa UIN Jakarta Syawal Udin yang juga bagian dari divisi catur menuturkan bahwa sparing partner catur melawan tim catur universitas lain  sudah menjadi agenda rutin bagi divisi catur. “Setiap satu minggu sekali ada agenda bermain bersama UKM catur dari universitas lain,” ucap Syawal, Rabu (16/6).

Ketua Forsa Chess Club (FCC) UIN Jakarta Fikri menjelaskan bahwa sparing partner catur tersebut sudah direncanakan menjadi agenda rutin di awal kepengurusan. Kampus yang bertanding dengan UIN Jakarta ditentukan oleh para pengurus divisi catur. Beberapa kampus yang sudah bertanding dengan Forsa Catur UIN Jakarta diantaranya ialah Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponogoro (Undip), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Insitut Teknologi Bandung (ITB). “Setiap minggunya akan ada satu kampus yang bermain melawan Forsa Catur UIN Jakarta.” ungkap Fikri, Rabu (16/6).

Forsa Catur UIN Jakarta menggunakan platform Lichess.org dalam melakukan pertandingan. Selain Lichess.org, Forsa Catur UIN Jakarta juga menggunakan aplikasi lain seperti Chess.com. Namun untuk bertanding catur, media yang sering dipakai adalah Lichess.org. “Sebagaian besar kampus-kampus lain menggunakan Lichess.org, aplikasi inilah yang sering digunakan,” tutur Syawal.

Pada Pertandingan tersebut Forsa Catur UIN Jakarta meraih skor 82 sedangkan tim catur Unair mendapat skor 84. Skor ini didapatkan dari jumlah skor yang dicapai masing-masing pemain. Pemain yang menempati urutan teratas ialah “Faiz_depok” dari Forsa Catur UIN Jakarta yang memperoleh skor 24, diikuti oleh ”Azehruj” dengan skor 20 yang berada diposisi kedua dari Unair. Sementara itu posisi ketiga serta keempat diraih oleh Forsa Catur UIN Jakarta yaitu  atas nama “Syawal07” dan “Fikri_Aliansyah” dengan masing-masing meraih skor 18 dan 16.

Syawal menambahkan bahwa ada banyak manfaat dengan diadakannya sparing partner catur tersebut. Diantaranya ialah menjadi tolok ukur kemampuan diri dan persiapan dalam menghadapi pertandingan-pertandingan resmi. Syawal mengungkapkan bahwa siapa saja bisa ikut bermain , tidak ada unsur keterpaksaan. “Siapa yang pada saat jadwal pertandingan free bisa ikut gabung bermain,” tutup Syawal.

Gustri Sinta Lestari

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Memaknai Terorisme dari Serangan di Kanada
Next post Menangkis Korupsi Melalui Film Dokumenter