Terabas Batas, Ciptakan Inovasi

Read Time:2 Minute, 38 Second


Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil menciptakan sebuah karya inovasi ramah lingkungan. Tim yang terdiri dari tiga Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Jakarta, Ainul Huda (20), Dandy Aulya (19), Marcellina Nur Fadilah (20), berhasil meraih juara satu pada cabang perlombaan Karya Inovasi Invitasi Pekan Pengembangan Bakat & Minat (IPPBMM) VIII 2021 se-Jawa yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada Rabu (23/5).

 

Dalam ajang tersebut, mereka membuat sebuah koper pembakar sampah yang diberi nama Prominence Trash Burner. Nama ini terinspirasi dari karakter anime di My Hero Academia. Prominence Burn adalah salah satu tokohnya. Marcellina mengungkapkan bahwa karya inovasi yang mereka buat mengusung visi: efektif, efisien, praktis, dan ramah lingkungansehingga cocok untuk kaum rumahan.

 

Rekan setimnya, Ainul menambahkan bahwa purwarupa alat yang mereka buat memiliki kemampuan untuk mengubah gas CO2 menjadi O2 dalam bentuk praktis. Koper pembakar sampah sendiri sejatinya bukan penemuan baru. Pengaplikasian benda tersebut telah diterapkan oleh sejumlah perusahaan besar dan pabrik, hanya saja, kata Ainul, bentuknya tidak praktis.

Karena itulah, ia, Dandy, dan Marcellina termotivasi untuk membuat alat yang lebih minimalis. Dandy sendiri meyakini fungsi alat yang mereka buat itu tidak jauh berbeda dengan alat yang sudah digunakan di sejumlah perusahaan. “Makanya kita buat dalam bentuk koper agar praktis dan mudah difungsikan oleh masyarakat umum di rumahnya masing-masing, dengan fungsi yang sama seperti yang ada di perusahaan-perusahaan itu”, kata Dandy.

Mereka berharap, produk ini dapat mengurangi emisi hasil pembakaran sampah, dan juga memudahkan masyarakat khususnya kaum milenial dalam memusnahkan sampah

Sementara bagi Marcellina, hasil karya timnya itu adalah bukti bahwa manusia punya potensi dan kemampuan yang tidak terbatas. “Hasil karya ini sebagai bentuk tamparan bahwa mahasiswa itu bisa melakukan apa saja terlepas dari apapun jurusannya,tegas marcellina.  

Dandy menyarankan agar mahasiswa UIN Jakarta harusnya bisa membangun kesadaran untuk saling membantu dalam mengembangkan kemampuannya. Menurutnya, mahasiswa jurusan sosial dan humaniora bisa saling bahu membahu dengan mahasiswa jurusan sains dan teknologi dalam menciptakan sebuah karya inovasi. “Maka kita bisa lebih mudah menciptakan karya-karya inovasi lainnya,” ujarnya.

Tidak hanya menjadi jawara dalam ajang karya inovasi, beberapa kontingen UIN Jakarta juga berhasil naik podium di beberapa cabang perlombaan. Berikut rangkumannya:

Juara 1

·       Kaligrafi Lukis

·       Kaligrafi Naskah

·       Taekwondo

·       Karate Kata kategori Putra

·       English Debate, 

·       Lomba Monolog

 

Juara 2

·       Pencak Silat Seni kategori Putri

·       Dai-Daiyah kategori Putri

·       Musabaqoh Tilawatil Qur’an kategori Putra

·       Karya Tulis Ilmiah Ilmu Sosial

 

Juara 3

·       Musabaqoh Karya Tulis Qur’an

·       Catur Cepat kategori Putra

·       Musabaqoh Hifdzil Qur’an 10 Juz

·       Musabaqoh Fahmil Qur’an

·       Musabaqoh Tilawatil Qur’an kategori Putri

·       Juara Favorit Lomba Vlog

Dewi Putri Aprianti Asuro

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Dari Berebut Tanah hingga Perang Kemanusiaan
Next post Goncangan Kinerja KPK