Perjuangan Jurnalis Ungkap Kasus Pelecehan Seksual

Perjuangan Jurnalis Ungkap Kasus Pelecehan Seksual

Read Time:2 Minute, 33 Second

Investigasi dua jurnalis perempuan, yang berhasil  membongkar kasus pelecehan seksual di industri Hollywood. Dikeluarkannya Winston—pelaku menjadikan perjuangan dan kegigihan dua jurnalis membuahkan hasil.

Judul Film: She Said

Genre : Sejarah, Biografi dan Drama

Actors : Carey Mulligan, Patricia Clarkson, Zoe Kazan

Direktur Film : Maria Schrader

Durasi : 129 menit

Rilis : 17 Novemver 2022

Penghargaan: Pemenang hadiah Pulitzer dan Satellite Award untuk Best Adapted Screenplay pada tahun 2023.

She Said—film yang dirilis di Amerika Serikat dengan mengambil kisah nyata dari dua jurnalis perempuan The News York Times yaitu Jodi Kantor dan Megan Twohey. Film ini menceritakan tentang pengungkapan kejahatan pelecehan seksual yang dilakukan oleh Harvey Weinstein, seorang produser industri Hollywood yang bernama the Weinstein Company atau Miramax.

Terungkapnya kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh Weinstein terjadi pada Oktober 2017. Kasus ini sudah terjadi selama puluhan tahun dengan jumlah korban mencapai delapan puluh dua perempuan. Tak hanya para pekerja biasa akan tetapi nama-nama besar pun ikut jadi korban diantaranya: aktris, sutradara Maria Schrader, penulis skenario Rebecca Lenkiewicz dan sinematografi Natasha Braier.

Pada saat itu, para korban tak mau memberikan kesaksian atas tindakan Weinstein kepada mereka. Hal itu dikarenakan ketakutan mereka terhadap Weinstein dan tim karena tak ada bukti yang kuat selain apa yang mereka alami ketika kejadian. 

Saat problematika mulai berdatangan dan kala itu kasus ini nyaris tak bisa terungkap, dua Jurnalis ini tetap berusaha keras dalam menyelidiki kasus ini. Perjuangan yang cukup gigih dilakukan, mulai dari meyakinkan korban yang tak mau menjadi saksi sampai membawa kasus ini ke pengadilan. Alhasil mereka mau menjadi saksi di persidangan dengan alasan agar tak ada lagi korban yang mengalami pelecehan seksual di perusahaan industri mereka. 

Ketika Lanny Davis seorang pengecar hukumnya Weinstein mengetahui Rebecca, Natasha, dan Braier menjadi saksi di persidangan, ia seketika langsung meminta media the News York Time tak terlalu percaya terhadap semua yang disampaikan ketiganya.  Hal itu dikarenakan tak ada bukti dan data yang kuat. Akan tetapi Jodi dan Megan tetap menyelidiki dan mencari data dari seluruh  korban Weinstein, hasilnya pelaku menjadi tersangka dalam persidangan tersebut. 

Atas keberhasilan Jodi dan Megan dalam pengungkapan kasus pelecehan seksual di industri Hollywood. Akhirnya Harvey Weinstein didakwa 23 tahun penjara. Selain itu Weinstein dikeluarkan dari perusahaan tempat ia bekerja yaitu Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

She Said membawa kita terhanyut dalam setiap menit kita menontonnya. Setiap detail ekspresi berhasil tersampaikan dengan maksimal seperti mimik wajah dan gestur tubuh. Selain itu, dalam pembuatan film ini sangat menghormati para penyintas. Terlebih, dalam film ini beberapa korban ikut secara langsung menjadi dirinya sendiri. Namun, nama-nama pemeran dalam film tersebut tak dijelaskan secara terperinci serta durasi yang cukup panjang membuat film ini terasa membosankan.

Selain itu, film ini memenangkan hadiah Pulitzer dan Satellite Award untuk Best adopsi skenario. Film ini sangat direkomendasikan bagi seluruh perempuan terutama jurnalis perempuan, karena dapat mengajarkan etika seorang jurnalis dalam memproses berita investigasi pelecehan seksual. Film ini mengajarkan kita agar tidak pantang menyerah terhadap sesuatu yang ingin dicapai, serta terus waspada karena kejahatan tak mengenal waktu dan tempat.

Penulis: Fitriatul Husna

Editor: Muhammad Naufal Waliyyuddin

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Derita Nyata Perubahan Iklim Previous post Derita Nyata Perubahan Iklim
Polemik Pemindahan Tali Toga Tuai Kecaman Wisudawan Next post Polemik Pemindahan Tali Toga Tuai Kecaman Wisudawan