Rekam Jejak Digital Bongkar Segala Rahasia

Rekam Jejak Digital Bongkar Segala Rahasia

Read Time:2 Minute, 8 Second
Rekam Jejak Digital Bongkar Segala Rahasia

Judul : Missing

Sutradara : Will Merrick dan Nicholas D. Johnson

Durasi : 1 jam 50 menit

Genre : Drama, Thriller, Drama misteri

Rilis : 20 Januari 2023

Missing merupakan film yang menceritakan seorang remaja perempuan bernama June yang kehilangan kabar sang ibu ketika pergi liburan bersama pacar barunya—Kevin ke Kolombia. Sebelum ibunya pergi, June dijaga oleh seorang pengacara—Heater Damore yang merupakan teman baik ibu June.

Selama ibunya berlibur, June menghabiskan waktu dengan berpesta dan menguras uang darurat di rekeningnya. Tak disadari, june harus menjemput ibu yang akan tiba di bandara karena liburannya telah usai. June yang sedang asik bersantai, segera menyewa petugas kebersihan untuk membereskan rumah yang berantakan setelah pesta. Ia pun bergegas menuju bandara.

Setiba di bandara, June sudah bersiap menyambut ibunya. Berjam-jam ia menunggu, namun sang ibu tak kunjung tiba. Akhirnya June pergi melapor ke pihak Federal Bureau of Investigation (FBI). Namun sayangnya, laporan June tak kunjung membuahkan hasil.

Karena pengaduan dirinya tidak terproses juga, June pun memutuskan untuk memulai investigasinya sendiri. Ia memanfaatkan Google sebagai media investigasi. Sepanjang pencarian di internet, June terkejut dengan fakta-fakta yang dijumpainya. Semakin ia mencari, semakin banyak hal mengenai ibunya yang tak pernah diketahui sebelumnya. Salah satu rahasia ibunya yang terungkap adalah identitas asli ibunya yang disamarkan melalui jalur hukum. Hingga pencarian menemukan titik terang,  June pun berhasil menemukan ibunya. 

Sepanjang perjalanan menonton Missing, sutradara memberikan sensasi sinematografi kehidupan layar—penampilan visual yang ditampilkan pada layar monitor atau gadget. Penonton seolah-olah melihat berbagai peristiwa seperti menonton aktivitas para aktor melalui gawai. Selain itu juga, pelintiran alur yang dihadirkan oleh sutradara membuat penonton menerka-nerka apa yang akan terjadi berikutnya.

Film ini memberikan peringatan tentang  keamanan siber. Apapun yang diunggah di internet akan menjadi rekam jejak yang takkan pernah hilang. Kelihaian June dalam memanfaatkan teknologi, menunjukkan betapa pentingnya melek teknologi. Seandainya June tidak peka pada teknologi, maka June tidak akan menemukan ibunya hingga akhir cerita.

Di situs IMDb, Missing mendapatkan rating 7,3 dari 10. Sebanyak 1.126 dari 3.985 pengguna memberi nilai 8. Film yang tayang di Sundance Film Festival pada 19 Januari 2023. Film ini menghadirkan para aktor terkenal lainnya, seperti Storm Reid sebagai June, Nia Long sebagai Grace Allen—ibunya June, Ken Leung sebagai Kevin, dan masih banyak aktor-aktor terkenal lainnya. 

Terlepas dari hal itu,  penyajian alur cerita dalam film ini terkesan terburu-buru dengan adegan yang berpindah secara dinamis. Selain itu juga, akhir cerita dari film tersebut gantung karena adegannya meloncat ke adegan ketika June sedang menonton film. 

Reporter: Wan Muhammad Arraffi

Editor: Ken Devina

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
100 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Mahasiswa Tak Dilibatkan dalam Perencanaan Kebijakan Kampus Previous post Mahasiswa Tak Dilibatkan dalam Perencanaan Kebijakan Kampus
Kemeriahan Ampyang Maulid Desa Loram Kulon  Next post Kemeriahan Ampyang Maulid Desa Loram Kulon