Edukasi Mahasiswa terkait Pentingnya Kesehatan Mental

Edukasi Mahasiswa terkait Pentingnya Kesehatan Mental

Read Time:1 Minute, 45 Second
Edukasi Mahasiswa terkait Pentingnya Kesehatan Mental

Hari kesehatan mental sedunia diperingati pada 10 Oktober lalu. Mahasiswa Psikologi gelar perayaan untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental.


Layanan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa (LKPM) Fakultas Psikologi menggelar rangkaian kegiatan untuk memperingati World Mental Health Day (WMHD)—hari kesehatan mental sedunia. Rangkaian kegiatan berlangsung pada 16–23 Oktober di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Rangkaian kegiatan berupa projek Show Your Emotion—peserta menempelkan stiker yang menunjukkan perasaan. Selanjutnya terdapat projek Gratitude Corner—menuliskan hal yang disyukuri, pembuatan video, serta seminar sebagai puncak acara. 

Seminar bertema “Mental Health is a Universal Human Right: Our Minds Our Rights” bertempat di Auditorium Fakultas Psikologi, Senin (23/10). Seminar menghadirkan Vensya Sitohang—Direktur Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, dan Isa Multazam Noor—Psikiater Rumah Sakit Jiwa Grogol Jakarta. Selain itu, terdapat pula beberapa penampilan dari mahasiswa, antara lain menyanyi, kultum serta drama musikal.

Ketua Pelaksana WMHD 2023, Niswa Ajibah menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat kampus terhadap kesehatan mental. Seminar ini memberikan gambaran umum kondisi sehat mental, ucap Niswa, harapannya pengetahuan tersebut dimiliki oleh seluruh Mahasiswa UIN Jakarta.

Niswa melanjutkan, tema yang diberikan oleh World Health Organization (WHO) bahwa kesehatan mental adalah hak asasi manusia. “Jadi kita berupaya untuk memperluas pengetahuan tersebut, bukan terbatas pada mahasiswa psikologi saja,” kata Niswa, Selasa (24/10).

Niswa lanjut menjelaskan, stan Fakultas Psikologi di acara Hari Santri Nasional juga sempat diisi oleh rangkaian WMHD. Stan tersebut berlangsung selama satu hari di Halaman Student Center. “Stan kita sempat didatangi rektor, kemudian beliau mengisi Gratitude Corner,” ujar Niswa.

Salah satu Mahasiswa Psikologi, Anindya Adna Fika mengaku senang dapat berpartisipasi dalam seminar. Meski sesi materi terbilang singkat, namun seminar ini menambah wawasannya terkait fenomena psikologi terkini. “Tadi beberapa penampilan dari mahasiswa juga seru, banyak interaksinya sama peserta seminar,” ujar Anindya, Senin (23/10).

Mahasiswa Psikologi lainnya, Abi Dwi Nugroho menuturkan, pembicara yang hadir cakap dalam menyampaikan materi. Menurutnya, materi yang disampaikan sangat menambah wawasan serta mendorong untuk selalu bersikap positif dalam kegiatan sehari-hari. “Penampilannya juga variatif dan cukup menghibur. Enggak nyesel deh ikut acara ini,” lanjut Abi, Senin (23/10).

Reporter: Shaumi Diah Chairani

Editor: Muhammad Naufal Waliyyuddin

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Kupas Tuntas Masalah Karhutla  Previous post Kupas Tuntas Masalah Karhutla 
Sadar Isu Kekerasan Berbasis Gender Melalui Literasi Next post Sadar Isu Kekerasan Berbasis Gender Melalui Literasi