Jaga Ekosistem Lewat Jalan Sehat

Read Time:1 Minute, 18 Second
Pagi itu, para mahasiswa serta masyarakat berdiri di pinggir danau Situ Gintung sembari melepas 2015 bibit ikan ke danau. Pelepasan bibit ikan tersebut termasuk dalam acara Jalan Sehat bertajuk Healthy Care with Agribusiness, Minggu (19/4). Acara ini diadakan oleh mahasiswa Jurusan Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta pada hari terakhir Agri’s Event 2015.

Trek Jalan Sehat bermula dari lapangan parkir Student Center (SC) UIN Jakarta, berlanjut ke Situ Gintung dan berakhir di lapangan parkir SC UIN Jakarta. Peserta Jalan Sehat tak hanya mahasiswa UIN Jakarta saja, tetapi ada juga delegasi dari kampus lain yaitu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Serang. Acara ini turut dimeriahkan oleh komunitas yang berada di sekitar UIN Jakarta seperti Maestro Community.

Ketua pelaksana Agri’s Event 2015, Rizki Ahadi Nugroho memaparkan, diadakannya acara pelepasan bibit ikan karena penangkapan ikan di Situ Gintung tidak memerhatikan keseimbangan ekosistem dan regenerasi ikan. “Banyak pemancing yang cuma mengambil ikan tanpa memedulikan kelestariannya,” ujar Rizki, Minggu (19/4).

Ia menambahkan, acara ini juga melatih mahasiswa untuk terbiasa berkoordinasi dan berkomunikasi dengan masyarakat. “Mahasiswa kan bagian dari masyarakat. Makanya mulai dari sekarang kita berkoordinasi dengan mereka,” ujarnya.

Rizki berharap, adanya acara ini dapat mempererat solidaritas dan kekeluargaan antar mahasiswa Agribisnis UIN Jakarta. Lebih dari itu, lanjutnya, agar semua rangkaian acara yang telah diselenggarakan terasa manfaatnya bagi masyarakat.

Salah satu anggota Maestro Community mengatakan, sebaiknya mahasiswa mengambil tema acara seperti Jalan Sehat ini. Sebab, selain menyehatkan juga membantu pengembangan daerah di sekitar kampus. “Mendingbuat acara dengan tema-tema kayak gini, daripada mengambil tema musik yang tidak jelas,” katanya.


Jeannita Kirana

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Berani, Peka, dan Kreatif Modal Utama Berwirausaha
Next post Kumpulan Fakta yang Terbungkus Narasi