ALF Meneguhkan Eksistensi Bahasa Arab

Read Time:1 Minute, 43 Second
Kopi yang baik adalah kopi yang diseduh dan diminum bersama seorang kekasih. Begitulah penggalan puisi yang dibacakan Sastrawan Indonesia Usman Arumy dalam seminar nasional al-Arabiyyah Lil Funun (ALF), Senin (25/9).

ALF merupakan acara tahunan yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pada 2017 ini, ALF memasuki gelaran ke tujuh dan mengusung tema Menyatukan Kearifan Nusantara dengan Spirit Arabia, Bahasa dan Budaya.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Thib Raya mengatakan jika ALF merupakan ajang eksistensi bagi bahasa Arab. Lebih lanjut Thib Raya menyarankan jika ingin menghafal sebuah kosa kata bahasa Arab cukup dengan membacanya secara berulang. “Jangan pernah menghafal kosa kata melalui kamus Bahasa Arab, tegasnya, Senin (25/9).

Sama halnya dengan Thib Raya, Wakil Rektor I Bidang Akademik Fadhilah Suralaga mengapresiasi kegiatan seminar ALF ini. Menurutnya kegiatan ini dapat menguatkan peradaban dan bahasa Arab di kancah nasional. Sehingga eksistensi bahasa Arab di Indonesia semakin maju dan berkembang.

Lebih lanjut, Fadhilah mengajak kepada seluruh civitas akademik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. Di samping itu, Ia pun akan mengesahkan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi kedua bagi seluruh mahasiswa UIN Jakarta setelah Bahasa Indonesia. 

Ketua pelaksana Muhammad Vadyan Fidiavif berharap, ALF tahun ini, agar pemuda-pemuda Indonesia bisa meneguhkan Bahasa Arab sebagai ciri khasnya. Indonesia merupakan negara yang dipercaya memiliki pemuda-pemuda fasih dalam berbahasa Arab. Terangnya saat ditemui di depan Auditorium Harun Nasution, Senin (25/9).

Menurut salah satu mahasiswi dari Jurusan PBA Raihana, Seminar Nasional ALF ini dapat menginspirasi para pemuda Indonesia untuk mengembangkan bahasa Arab di luar kelas. Karena pembahasan di seminar ALF ini tidak akan ada di dalam kelas. Katanya, Senin (25/9). 

Penyelenggaraan ALF 2017 dibuka dengan seminar nasional yang dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi. Selain seminar yang bertema Meneguhkan Peran Bahasa Arab sebagai Identitas Pemuda Indonesia, panitia juga mengadakan karnaval, bazar dan berbagai macam lomba seperti debat Bahasa Arab, membacakan berita menggunakan Bahasa Arab, puisi Bahasa Arab serta futsal dan berlangsung dari 25-29 September 2017.
NA

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Pengawasan Kurang, Isi Siaran Pun Meyimpang
Next post Beastudi Etos Cetak Pemuda Kontributif