Siapkan Diri Meniti Karir

Siapkan Diri Meniti Karir

Read Time:2 Minute, 2 Second

Siapkan Diri Meniti Karir
Universitas Indonesia Achievement Community (UIAC) menggelar seminar Post College Week pada Senin—Selasa (23—24/9) lalu. Seminar ini membahas tentang kiat-kiat alumni baru sebuah perguruan tinggi sebelum menghadapi dunia kerja. Acara ini digelar di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI) dan dihadiri sekitar puluhan peserta.

Seminar yang berlangsung selama dua hari ini turut mengundang beberapa narasumber yang kompeten di bidangnya. Di hari pertama, pembicara ialah Pendiri Ayam Geprek Juara Panglima Juara, Chief Executive Officer (CEO) playgame.comAnton Soeharyo, Ketua Ikatan Alumni (Iluni) UI Andre Rahardian, dan Program ManagerRencanamu Julia Jasmine. Mereka menjadi pengisi acara di hari pertama. Sedangkan seminar hari kedua, diisi oleh LinkedIn Indonesia Country Leader Jack Bhagchandani dan Dosen Fakultas Psikologi UI Wustari.

Bertemakan Being a Robust Job-Seeker in the Era of Industrial Revolution 4.0, Ketua Pelaksana Seminar Post College Week Adina Imada Bassalamah mengungkapkan, acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para lulusan perguruan tinggi terutama yang hendak meniti karir. “Seminar ini membahas bahwasanya skill itu juga penting untuk menunjang karir,” tegasnya, Senin (23/10).

Para narasumber pada acara ini berbicara banyak mengenai penggalian potensi diri atau passion. Menurut Panglima Juara, passion adalah sebuah dorongan yang akan melahirkan tindakan bagi seseorang agar semakin berkembang. Untuk mengembangkan dorongan tersebut, seseorang mesti fokus pada tujuannya. “Passion tersebut harus ada pengaruhnya di masyarakat,” tambah Panglima Juara, Senin (23/10).

Kembali menyinggung soal passion, pernyataan Anton Soeharyo pun selaras dengan Panglima. Menurutnya, passion perlu dikembangkan karena akan menghasilkan rasa syukur tersendiri. Bekerja sesuai passion berarti bekerja sesuai bidang yang disukai, jangan sampai terpaksa mengerjakan sesuatu yang tidak disukai. “Kita menjalani hidup yang bukan punya kita,” ujar pria yang juga seorang start-up mentor ini, Senin (23/10).

Di penghujung acara, Julia Jasmine juga memberikan materi kepada para peserta seminar terkait masalah passion. Ia menegaskan bahwasanya passion itu bukan hanya perihal sesuatu yang disukai, tetapi sejatinya adalah menggali potensi diri dari berbagai aspek. Tak luput, Jasmine juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang hadir dalam Seminar Post College Week ini. “Sangat visioner ketika mahasiswa ikut acara seperti ini,” ujar perempuan yang juga seorang Alumni Fakultas Psikologi UI tersebut, Senin (23/10).

Sebuah apresiasi untuk pelaksana acara juga datang dari salah seorang peserta seminar, Mahasiswa Jurusan Geofisika UI Haikal Naban. Haikal tertarik mengikuti acara ini karena dirinya merupakan seorang alumni baru yang masih bingung dan belum memutuskanuntuk meniti karir. Setelah mengikuti seminar ini, ia merasa tercerahkan dan lebih bersemangat. “Bagus, saya senang mengikuti acaranya,” pungkasnya, Senin (23/10).

MAF

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Aksi Nyata Ukir Prestasi Previous post Aksi Nyata Ukir Prestasi
Mahasiswa Korban Gas Air Mata dari Aksi Unjuk Rasa Next post Mahasiswa Korban Gas Air Mata dari Aksi Unjuk Rasa