Volunteer Day, Ajak Mahasiswa Peduli Sesama

Read Time:1 Minute, 52 Second


Demi menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan sesama, Lembaga Social Trust Fund UIN Jakarta mengadakan kegiatan Volunteer Day dengan tema 1 Hari Lebih Peduli UIN Yuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersamaan dengan memperingati International Volunteer Day pada Jumat, (5/12).

Manajer Pemasaran dan Komunikasi Social Trust Fund, Amirul Hasan mengatakan, sebagai lembaga sosial yang berada di UIN Jakarta, Social Trust Fund berkewajiban untuk merayakan International Volunteer Day. Maka dari itu, untuk merayakannya, ia mengumpulkan para mahasiswa yang ingin menjadi Volunteer dan mengadakan kegiatan Volunteer Day pada hari tersebut. 

Selain itu, lanjut Amir, kegiatan-kegiatan dalam Volunteer Day membantu pejalan kaki menyeberang jalan, membersihkan lingkungan UIN Jakarta, dan juga menyediakan jasa pengantran bagi  mahasiswa yang ingin cepat sampai ke fakultasnya dengan menggunakan vespa ataupun sepeda, ”Jumlah Volunteer berkisar 100 orang lebih dan sebagian besarnya  mahasiswa UIN Jakarta,” ujarnya.

Di sisi lain, Amir berharap, kegiatan ini mampu meningkatkan jiwa kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan kampus. “Manusia itu makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan. Kita tidak boleh apatis dan harus peduli dengan lingkungan sekitar,” katanya.

Senada dengan Amir, ketua Pelaksana Volunteer Day, Gerhana Ika Saraswati mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa arti volunteersebenarnya. Ia merasa  banyak dari mahasiswa UIN Jakarta tak mengetahui manfaat menjadi volunteer, “Jika kita tahu manfaat sebenarnya menjadi volunteer, maka dengan sendirinya kita akan sadar berbuat kebaikkan itu bisa dimulai dari hal yang sederhana,” ucapnya, Jumat (5/12).

Terlebih, kegiatan ini juga  sebagai sarana untuk membangun komunikasi dengan komunitas lain yang ada di UIN Jakarta. Seperti, komunitas pencinta Vespa, Klise Fotografi, Eko Bisnis Indonesia, Teater Syahid, dan juga Sepeda Sehat UIN, “Bersama-sama melakukan kebaikkan itu jauh lebih menyenangkan dan lebih berarti” papar Gerhana.

Sehubungan dengan itu, salah satu Volunteer, Ela Anggraini mengungkapkan, ia bahagia   menjadi Volunteer dan juga bisa membantu sesama mahasiswa. “Saya dapat membantu sesama dan memperkenalkan hari Volunteer dunia kepada para mahasiswa. Hal ini merupakan kebanggan tersendiri bagi saya,” ungkap mahasiswi Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) ini, Jumat (5/12)
Mahasiswi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM), Humairah berpendapat, kehadiran volunteer sangat bermanfat bagi masyarakat khususnya mahasiswa, karena mereka juga membantu para pejalan kaki yang hendak menyeberang jalan, “Para volunteer membantu dengan ikhlas tanpa pamrih dan semoga tahun depan bisa lebih baik lagi,” tutupnya.
YA

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Pemutaran Film Senyap “Merangkai Narasi Alternatif Peristiwa 65”
Next post Semarak Semangat Konser Akhir Tahun PSM