Olah Sampah dengan Reaktor Cacing

Read Time:59 Second

Senin lalu (22/8), kelompok 164 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menghelat seminar bertajuk Pemberdayaan Sampah dan Penyuluhan Ekonomi Kreatif. Bertempat di Desa Sukamanah, Rajeg, Tangerang, seminar tersebut mengundang Wakil Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Gekrafs Kabupaten Tangerang, Muhammad Roup.

Dalam materinya, Roup menjelaskan pemanfaatan sampah dengan reaktor cacing dapat digunakan sebagai sistem vertikulasi. Tujuannya agar pupuk kompos lebih produktif. Alat dan bahan yang diperlukan mudah didapat, mulai dari ember bekas cat 25 kilogram, keranjang sampah, plastik, bambu, tali plastik, hingga martil.

“Pupuk kompos menggunakan reaktor cacing ini tidak mengeluarkan bau busuk,” ucap Roup.

Pemanfaatan sampah menjadi kerajinan tangan, tutur Roup, bisa dibuat menjadi pot bunga, aksesoris, dan masih banyak lagi. Hal ini membikin para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Sukamanah menjadi lebih terinovasi dan kreatif.

Adapun kegiatan seminar ini, mendatangkan apresiasi dan antusias dari warga setempat. Kepala Desa Sukamanah, Rohadi, mengatakan dapat memetik manfaat dari kegiatan seminar itu: mencari solusi dari permasalahan sampah yang menumpuk di desanya. 

“Para warga Sukamamah dan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) akhirnya memahami pemberdayaan sampah dan meningkatkan kreativitas pelaku UMKM setempat,” pungkas Rohadi.

Reporter: Syifa Nur Layla

Editor: Sekar Rahmadiana Ihsan

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Bedah SOP Kekerasan Seksual, Tinjau Ulang Diperlukan
Next post Dalih Pandemi di Balik PBAK Universitas