Memupuk dan Memetik Sastra di Era Digitalisasi

Memupuk dan Memetik Sastra di Era Digitalisasi

Read Time:1 Minute, 12 Second

Memupuk dan Memetik Sastra di Era Digitalisasi

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) menggelar seminar nasional yang bertajuk “Membangkitkan Literasi di Era Digitalisasi” di Aula Student Center, Kamis (3/11). Seminar ini merupakan rangkaian acara sekaligus inagurasi dari Olimpiade Bahasa dan Sastra Indonesia (OBSI) 2022. 


Seminar dibuka oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Zoom Meeting. Narasumber lain pun turut hadir, yaitu Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Abdul Khak, dan pegiat sastra Fauzan Al-Rasyid.


Ketua pelaksana OBSI 2022 Azizah menjelaskan, acara ini merupakan agenda tahunan dari Departemen Bahasa dan Sastra Indonesia. Keunikan pada tahun ini, lanjutnya, pihak penyelenggara menyajikan pameran mengenai media pembelajaran Bahasa Indonesia buatan mahasiswa PBSI semester lima.


Dalam sesinya, Abdul Khak memaparkan agar generasi milenial meningkatkan minat literasi. Sebab lanjutnya, Badan Bahasa telah menyediakan beberapa aplikasi yang dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan literasi. 


Abdul lanjut mengatakan, Badan Bahasa telah meluncurkan beberapa aplikasi untuk meningkatkan literasi, salah satunya Halo Bahasa. Aplikasi tersebut, tuturnya, menyajikan berbagai fitur pembelajaran bahasa serta meluncurkan aplikasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia yang dapat diunduh secara gratis.


Fauzan Al- Rasyid menjelaskan, generasi masa kini perlu memanfaatkan gawai dan teknologi untuk mengakses informasi. Tak hanya itu, lanjutnya, kaum milenial juga perlu menciptakan kebiasaan rutin membaca berita sebagai upaya agar tercegah dari terpaparnya berita bohong dan disinformasi.


“Membaca berita bermanfaat dari sumber yang kredibel menjadi landasan untuk tidak mudah termakan berita hoax,” jelas Fauzan, Kamis (3/11).

Reporter: Alfiarum Cahyani

Editor: Fayza Rasya

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Mengasah Kecakapan Digitalisasi Lewat Comfest 2022 Previous post Mengasah Kecakapan Digitalisasi Lewat Comfest 2022
Tak Sekadar Utak-atik Narkotika Polisi Next post Tak Sekadar Utak-atik Narkotika Polisi