Potret Kilas Balik Tertuang dalam Foto Jurnalistik

Read Time:2 Minute, 25 Second

Berawal dari rekam jejak peristiwa olahraga dan demokrasi selama kurun waktu 2018-2019. Redaksi Berita Antara bersama Galeri Jurnalistik Antara menginisiasi pameran foto jurnalistik bertajuk “Kilas Balik 2018.”


Ruangan minimalis berlantai dua dengan sekat tembok di kedua sisinya menjadi ciri menonjol saat memasuki Museum Galeri Foto Jurnalistik Antara. Sekilas akan tampak foto-foto hasil karya jurnalis, menyuguhkan semangat demokrasi sekaligus sportivitas. Memasuki ruangan di sebelah kiri tampak sepasang Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2019 Joko Widodo, Ma’ruf Amin, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Tampilan khas gambar Capres-Cawapres terlihat mengenakan jas putih berlengan panjang, berpeci hitam saling bertatapan, berbisik disertai senyuman.

Dalam ruangan di persimpangan sebelah kanan menampilkan rekam jejak berbagai peristiwa besar yang terjadi pada kurun waktu 2018. Seperti gempa bumi yang terjadi di Lombok. Peristiwa gempa bumi mengisahkan sejarah pilu masyarakat Lombok di mana puluhan orang meninggal dunia, rumah-rumah rusak, dan banyak bangunan porak poranda. Lanjut di tahun 2019 terdapat peristiwa bersejarah yaitu pesta demokrasi di Indonesia. Penggambaran foto jurnalistik pada Kampanye Capres-Cawapres terlukis dengan banyaknya kerumunan orang yang mengangkat Bendera Merah Putih dikibar-kibarkan ke atas kepala yang berlangsung di
Gelora Bung Karno.
Berbeda dengan ruangan sebelah kanan, dihadapannya terpampang meriah aneka ragam warna perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018 lalu. Seorang wanita dengan baju putih pendek disertai celana hitam tampak mencolok perhatian penonton. Penonton di sekeliling atasnya menyelimuti sang wanita yang sedang berlari di atas lapangan aspal. Foto lainnya, menampilkan dua orang laki-laki memakai baju merah bernomor 277 dan 425 di dadanya. Bendera Merah Putih di atas kepala menjadi simbol meriahnya perhelatan Asian Games 2018 yang terselenggara di Jakarta.
Sekitar 128 foto-foto jurnalistik yang terpampang adalah hasil karya pewarta berita Antara di perhelatan Asian Games dan Asian Para Games 2018 serta kegiatan Pesta Pemilu 2019. Pemilu yang dilaksanakan di Indonesia menganut asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (Luber Jurdil). Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Aprillio Akbar tema Sportivitas dan Demokrasi dipilih karena melihat masyarakat Indonesia memiliki semangat sportivitas yang tinggi. “Sementara demokrasi mengingat akan dilaksanakannya penentuan pemimpin rakyat di masa depan,” ujar Aprillio Akbar pada Jumat (10/5).
Pameran ini dipersembahkan kepada generasi muda untuk merefleksikan kembali peristiwa-
peristiwa penting yang terjadi pada 2018 dan 2019. Tidak hanya itu, karya fotografi jurnalistik ini bukan hanya sekadar wujud profesi. Namun juga untuk memperkaya khazanah fotografi jurnalistik berita Antara sebagai faset-faset yang tidak hanya dijadikan sebuah foto berita.
Salah satu pengunjung pameran, Ria Irana mengaku bahwa pameran foto yang ditampilkan dalam Museum Galeri Foto Jurnalistik Antara ini sangat menarik. “Banyak hal menarik yang ditampilkan di pameran ini seperti halnya Asian Games 2018 dan Pemilu 2019” Pungkasnya pada Jumat (10/5).
Diselenggarakan oleh Redaksi Berita Antara dan bekerja sama dengan Galeri Jurnalistik Antara. Pameran foto jurnalistik “Kilas Balik 2018” berlangsung selama 31 hari terhitung sejak 26 April hingga 26 Mei 2019 di Museum Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

Ika Titi Hidayati

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Karakter Seorang Filsuf
Next post Malapetaka dalam Dunia Pendidikan