Ajang Kompeten Bahasa Arab

Read Time:1 Minute, 24 Second


Al-Arabiyyah Lil Funuun (ALF) Merupakan acara tahunan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahada Arab (PBA). Tahun ini, ALF diselenggarakan pada Senin—Jumat (2327/9) lalu.Mengusung tema Santri, target peserta ALF ialahdari berbagai kalangan siswa, mahasiswa, maupun umum seluruh Indonesia.
Ketua Pelaksana ALF Itqan Takbir Bagusagih mengatakan, ALF menjadi ajang unjuk gigi dan kreativitas bagi para pemuda, khususnya Mahasiswa Sastra Arab. Kegiatan ini juga turut didukung oleh Ittihadu Thalabati Lughah Al ‘Arabiyah (ITHLA) sebagai Lembaga Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia. “Tema Santri menjadi harapan untuk memperluas dunia bahasa Arab, khususnya oleh santri yang nantinya akan berpartisipasi,” imbuh Itqan, Jumat (27/9).
Di balik tema tersebut, juga tersirat bahwa santri memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga eksistensi kemajuan bahasa Arab yang dibanggakan oleh pelbagai kalangan. ALF sendiri berisi rangkaian kegiatan dari mulai seminar nasional, karnaval, perlombaan, bazaar, dan pentas seni. “Ternyata tak hanya dari Indonesia, tetapi beberapapesertajuga datang dari Malaysia tahun ini,” ujar Itqan.
Itqan juga berharap, selain takterlepas untuk kemajuan bahasa arab, ALF pun turut melestarikan seni dan kebudayaan tanah air serta menambah nilai-nilai moral kehidupan seperti toleransi kerja sama.Seperti halnya pendapat salah seorang peserta dari Jurusan Hukum Pidana Islam—Riska Dewanti, ia menganggap ALF dapat menjadi wadah untuk menggali bakat para peserta yang ada.Bisa ikut mengukur seberapa jauh keahlian dan kemahiran kita dalam berbahasa Arab,” ungkap Riska, Jumat (27/9).
Telah mengikuti lomba tingkat nasional, Riska pun mengaku mendapat relasi dari berbagai universitas di Indonesia bahkan di luar Indonesia. Dengan begitu, ia pun berharap agar kegiatan ini dapat terus terlaksana. “Perlu ada dukungan dari fakultas maupun pimpinan universitas untuk memberikan manfaat khususnya kepada mahasiswaUniversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,” pungkas Riska.
FALN

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Rektor Prosedural
Next post Perang Total Bakunin Melawan Persekutuan Agama dan Negara