Bangun Kebersamaan Lewat Giat Prestasi

Read Time:1 Minute, 47 Second
Pemandangan terlihat berbeda di Lapangan Parkir Student Center (SC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Tak seperti biasanya, lapangan parkir yang selalu dipadati kendaraan bermotor, kini ramai dipenuhi sekumpulan orang. Mengenakan baju coklat dengan kacu merah putih yang menempel di leher, terdengar sorak-sorai beradu yel-yel tepuk Pramuka dari peserta.

Keramaian itu berasal dari para peserta Giat Prestasi 2016 yang diadakan oleh Dewan Racana Fatahillah – Nyi Mas Gandasari Unit Kegiatan  mahasiswa (UKM) Pramuka UIN Jakarta, Minggu (26/10). Perlombaan yang berlangsung selama dua hari ini merupakan rentetan acara untuk memeriahkan ulang tahun ke-27  Pramuka UIN Jakarta.

Tepat pukul 07.30 WIB acara dibuka dengan upacara pembukaan di Hall SC UIN Jakarta. Setelah itu dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan, di antaranya semaphore, sandi, pioneering, writing english, toya dance, handy craft, dan cipta maskot festival kepramukaan. Peserta berasal dari siswa Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Ketua Pelaksana Ahmad Dzaky Royhan menuturkan, perlombaan kali ini mengangkat tema “Meningkatkan Keharmonisan Generasi Boden Powell dengan Kejujuran dan Cinta”. Dzaky menambahkan tujuannya untuk meningkatkan kejujuran dan keharmonisan antar peserta dalam perlombaan. Sehingga seluruh peserta tidak ada yang berlaku curang dan bersaing dengan penuh kejujuran. “Kejujuran dalam pertandingan adalah kunci keharmonisan,” tuturnya, Minggu (26/10).

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum ini juga menjelaskan, Giat Prestasi diikuti oleh sedikitnya 82 peserta golongan Penegak yang terdiri dari 41 putra dan 41 putri. Sedangkan dari golongan Penggalang diikuti oleh 86 peserta, terdiri dari 38 putra dan 48 putri. “Peserta cukup ramai dan antusias,” ungkapnya.

Pembina Pramuka Putra UIN Jakarta Nanang Syaikhu mengatakan, acara Giat Prestasi bagi Penegak dan Penggalang ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berprestasi dan berkreasi. Selain itu, ia juga berharap para peserta dapat menjalin silaturahmi antar Gugus Depan satu sama lain. “Kami juga ingin memperkenalkan kampus UIN kepada peserta,” katanya, Minggu (26/10).

Salah satu peserta Giat Prestasi dari regu Garuda Syahrul Suracipta Hidayat mengaku sangat terkesan dengan acara ini. Terlebih lagi regunya memenangkan salah satu perlombaan. Namun Syahrul menyayangkan, masih banyak peserta dari regu lain yang tidak ikut serta dalam acara ini. “Semoga tahun depan pesertanya lebih banyak,” harapnya, Minggu (26/10).

DSM

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Gaya Mahasiswa Memburu Wi-Fi
Next post UIN Jakarta Layangkan Somasi Ke Fadel Muhammad