Abadikan ‘Golden Moment’ Melalui Citizen Journalism

Read Time:1 Minute, 56 Second


Seiring dengan perkembangan teknologi, masyarakat dituntut  keadaan  agar  tidak hanya terampil dalam menulis. Mereka  juga  diharapkan  untuk  memiliki  rasa  peka  dan  kritis  terhadap  lingkungan  sekitar. Hal  tersebut  diwujudkan  dengan  mengabadikan peristiwa unik yang ada di lingkungan tempat tinggalnya menggunakan kamera amatir sekalipun, seperti  bencana  alam  ataupun  kondisi  sekolah  yang  terdapat  di  lingkungan  warga. Dengan bermodalkan benda itu, masyarakat sudah bisa menjadi seorang jurnalis.

Hal itu disampaikan oleh Produser  CJ NET10 Thomas Herda. Ia mengatakan, banyak cara untuk menjadi seorang jurnalis, salah satunya dengan  terlibat  dalam kegiatan citizen journalism (jurnalisme warga), “Masyarakat mengabadikan momen dengan perekam video amatir, meski secara kualitas gambar tidak sama dengan jurnalisme profesional. Namun, itulah salah  satu  kelebihan  jurnalisme warga, yaitu  jujur dan apa adanya,” jelas Thomas dalam Workshop Festival Video Kreatif 4  bertema Citizen Journalism.

Menurut Thomas, Citizen Journalism merupakan ajang yang bagus bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda untuk mengasah daya kreatifitas dan peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya. “Dengan alasan itu NET TV makin berkonsentrasi untuk  mengembangkan dan memperkenalkan citizen journalism kepada masyarakat,katanya di Ruang Teater Prof. Dr. H. Aqib Suminto Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Selasa (4/11).

Ia menambahkan, perkembangan Citizen Journalism di Indonesia sudah semakin maju pesat. Hal itu terbukti dengan banyaknya masyarakat mengirimkan paket rekaman video amatir bernilai berita kepada NET TV. Video tersebut bisa menjadi golden moment dan dilihat masyarakat daerah. “Mereka juga bisa mendapatkan moment di daerahnya  sendiri secara cepat, bahkan seorang jurnalis profesional pun belum tentu bisa mendapatkannya,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Thomas, kunci untuk menjadi Citizen  Journalism  adalah  memiliki  rasa keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu hal sehingga semakin memperkaya ilmu. “Keuntungan lain menjadi citizen  journalism adalah bisa mengenal siapapun mulai dari kalangan atas hingga kalangan bawah,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Workshop Festival Video Kreatif 4, Muhammad Badruz Zaman mengatakan, acara ini bertujuan untuk mengasah skill  dan  kreatifitas  mahasiswa dalam  dunia  kejurnalistikan, “Selain itu, bisa juga untuk menambah pengetahuan mahasiswa akan dunia  Citizen Jornalism yang  sedang  booming  di  masyarakat,” jelasnya, Selasa (4/11).

YA

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Ketika Negeri Darurat Cinta
Next post NGOBROL BARENG REKTOR TERPILIH