Topik Menarik Menentukan Kualitas Makalah

Read Time:1 Minute, 25 Second


Menentukan topik yang menarik perlu penulis perhatikan sebelum menulis makalah. Lewat topik yang menarik, pembaca dapat antusias membaca makalah tersebut.
Ungkap Ahmad Bahtiar dalam seminar bertajuk “Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar” di Aula Student Center, Rabu (14/9). Kegiatan tersebut diselenggarakan Jakampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif HidayatullahJakarta dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) UIN Jakarta.
Selain menentukan topik, penggunaan bahasa menjadi hal yang  harus diperhatikan. Makalah ditulis menggunakanbahasa baku dan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EyD). “Pemakaian Bahasa yang baik dan benar juga akan menentukan bobot kualitas makalah yang ditulis,” jelas Bahtiar, Rabu (14/9).
Sumber rujukan atau refrensi tulisan juga menentukan kualitas dari isi makalah. Semakin banyak refrensi yang digunakan akan menambah keberagaman sudut pandang yang diambil untuk melihat permasalahan. Pengambilan referensi juga sebaiknya berasal dari buku cetakan tidak lebih dari 10 tahun yang lalu.
Kemudian, susunan kerangka tulisan harus sesuai dengan kaidah penulisan makalah yang berlaku. Kerangka tulisan dalam makalah harus berurutan dan sistematis. Mulai dari daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, latar belakang, rumusan masalah, isi, kesimpulan, saran, penutup, dan daftar pustaka. “Agar pembaca tidak dibingungkan dengan makalah yang ditulis,” lanjutnya.
Ketua pelaksana Sholihin Firdaus menjelaskan, kegiatan tersebut diadakan lantaran seminar tentang pembuatan makalah di UIN Jakarta dirasa masih kurang. Padahal, makalah merupakan agenda rutin yang biasa mahasiswa lakukan setiap perkuliahan. “Terlebih, banyak mahasiswa baru yang masih bingung dengan cara pembuatan makalah yang baik dan benar,” tuturnya, Rabu (14/9).
Salah satu peserta seminar, mahasiswa Fakultas Ushulludin (FU) Fatimah Az-Zahra mengaku jika ia sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan tersebut.  Ia dapat belajar bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar. “Alhamdulillah, setelah ikut seminar ini, rasanya membuat makalah begitu mudah,” tutupnya, Rabu (14/9).
AKK

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Solilokui, Refleksi Diri Lewat Fotografi
Next post Kebun Ala Perkotaan