Tak Tumbang Puasa di Kala Pandemi

Read Time:2 Minute, 40 Second


Puasa kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tak hanya menahan haus dan lapar, tetapi juga harus menjaga imun tubuh agar tetap fit di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Menurut salah satu alumni Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta DokterSalwa, aktifitas sehari-hari saat ini memang harus dijalani dengan bijak dan lebih berhati-hati.

Guna menghindari penyebaran Covid-19,tubuh harus terhindar dari berbagai macam penyakit agar tetap bugar dan prima walau dalam kondisi berpuasa. Hal tersebut menjadi lebih penting karena tubuh cenderung lebih lemah ketika sedang berpuasa apalagi di tengah pandemi yang masih mengintai. “Tubuh yang fit dapat terwujud jika sistem imun tubuh terus terjaga,” terang dr. Salwa, Rabu(13/5).

Maka dari itu, dr. Salwa pun membagikan tips tetap fit berpuasa di tengah pandemi saat ini.

1. Istirahat yang Cukup dan Jangan Bergadang

Beristirahat dengan menjaga pola tidur7 sampai 9 jam di malam hariadalah tips puasa yang sangat penting, terutama di tengah pandemi Covid-19. Sebab, kurangwaktu tidur akan membuat Anda lebih rentan terserang penyakit. Dalam sebuah riset, para responden yang kurang tidur terbukti lebih rentan terserang penyakit pilek dibandingkan mereka yang cukup tidur. Karenanya, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk sering bergadang di malam hari, supaya bisa tidur panjang di siang hari.

2. Perbanyak Makan Makanan Berprotein Tinggi Terutama Nabati

Bulan puasa kali ini, orang-orang cenderung tidak memperhatikan pola makannya sehingga berbagai makanan pun disantap. Padahal, hal ini bisa berbahaya bagi sistem imun tubuh. Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan nabati seperti sayur, buah, hingga kacang-kacangan terutama ketika sahur dan berbuka puasa karena kaya akan nutrisi dan antioksidan. Merekalah yang akan membantu sistem imun tubuh Anda melawan virus dan bakteri.

3. Perbanyak Olahraga

Berolahraga secara teratur ternyata bisa meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Beberapa orang justru keliru, mereka cendrung malas untuk olahraga di waktu puasa karena takut lemas, haus, dan tepar. Namun tenang saja, Anda tidak perlu berolahraga di bawah terik sinar matahari. Cukup dengan olahraga ringan di dalam rumah. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda tetap aktif dan bugar.

4. Hindari Stres

Stres bisa “mengacaukan” kinerja sistem imun tubuh Anda sehingga akan banyak penyakit yang “menerka”. Boleh waspada, tetapi jangan terlalu setres memikirkan berita-berita hoaks. Maka, selektiflah membaca berita.

5. Minum Air Putih Lebih Teratur

Minum air lebih teratur saat berbuka puasa penting, lho. Banyak orang yang lebih suka minum-minuman manis dan melupakan air putih. Padahal, air putihlah yang lebih dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun tubuh. Tidak ada yang melarang untuk melepaskan dahaga haus dengan minuman manis nan dingin. Namun sebisa mungkin, dahulukan air putih.

6. Mengurangi Konsumsi Gula Berlebih

Mengonsumsi gula berlebihan di bulan puasadapat menyebabkan kegendutan atau obesitas. Perlu diketahui, memiliki berat badan berlebih akan membuat penyakit lebih mudah menyerang tubuh Anda. Selain itu, mengonsumsi gula berlebih juga bisa meningkatkan risiko penyakit lainnya seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Semua penyakit ini dapat melemahkan sistem imun tubuh Anda. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi asupan gula Anda di bulan puasa demi sistem imun tubuh yang terjaga.

Dokter dari Rumah Sakit Umum Hermina Jatinegara, Jakarta Timur ini juga berpesan untu tetap stay safe dengan menerapkan social disancing, pakai masker, serta jaga kebersihan.



Fitha Ayun Lutvia Nitha

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Menanggapi Keputusan Kemenag
Next post Ketika Etika Dipidana