Kosmigeni 5: Aransemen 4 Genre

Read Time:2 Minute, 3 Second
Tak seperti malam biasanya, Lapangan Student Center (SC) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta kini tampak berbeda. Lapangan telah disulap menjadi sebuah arena konser musik dengan panggung besar serta tata cahaya yang megah. Malam hari, Sabtu (5/9), suasana depan panggung pun mulai ramai oleh penonton yang berdatangan.
Acara yang diadakan Komunitas Musik Mahasiswa Ruang Inspirasi Atas Kegelisahan (KMM RIAK) ini, sebagai puncak kegiatan dari calon anggota untuk menjadi anggota resmi. Setelah berbulan-bulan menjalani masa pendidikan, acara Kosmigeni (komposisi musik progeni) merupakan acara yang menandakan calon anggota menjadi anggota resmi KMM RIAK.
Permainan musik dari calon anggota dan pengurus KMM RIAK melibatkan berbagai  genre. Acara yang bertajuk Kosmigeni #5 Classic and 4 Seasons Symphony menciptakan  konser musik klasik yang telah diaransemen. Kosmigeni  tersebut telah diadakan oleh empat angkatan sebelumnya.
Ketua KMM RIAK Mawadah Warahmaniah, mengatakanlancarnya acara ini menjadi bukti dari hasil kerja keras peserta didik KMM RIAK. Dan inilah hasil jerih payah peserta didik kami, selamaberbulan-bulan belajar musik dengan membaca partitur, ” ungkapnya saat menyampaikan sambutan, Sabtu (5/9).
Berbagai macam genre musik dimainkan, seperti klasik, rock, jazz, dan ska. Penampilan pertama menampilkan para calon anggota yang berjumlah 5 orang. Mereka membawakan musik berjudul Air On The G String karya Johan Sebastian Bach.
Dilanjutkan penampilan kedua oleh 5 orang lainnya dari calon anggota KMM RIAK. Mereka menampilkan musik bergenre klasik dengan judul Dies Irae karya Mozart. Permainan musik klasik yang dibawakan takhanya terdengar lembut, tetapi juga diaransemen ulang sehingga pembawaan yang energik membuat penonton bertepuk tangan.
Konser yang juga menampilkan permainan musik dari pengurus KMM RIAK ini berjumlah 5 orang. Salah satu lagu yang dibawakan berjudul Nakal dari band Gigi. Pembawaan lagu yang memang bersemangat membuat penonton yang hadir ikut bernyanyi.
Di sela-sela waktu, panitia menampilkan video dokumenter calon anggota kosmigeni 5 selama menjalani masa pendidikan di KMM RIAK. Di akhir acara, ditampilkan pula kolaborasi antara calon anggota dan pengurus KMM RIAK yang membawakan lagu “kebangsaan” RIAK.
Responspositif atas penyelenggarakan acara tersebut diungkapkan dari salah satu penonton yaitu, Anindita Rahmani. Ia mengungkapkan bahwa acara inisangat menarik. “Keren acaranya, musiknya juga bagus-bagus,” ungkapnya, Sabtu (5/9). Selain rasa kagum dari penonton, orangtua peserta didik juga merasa senang dan terharu atas penampilan peserta didik dari KMM RIAK.
Salah satu orangtua dari peserta didik KMM  RIAK, Septi Primbani, mengungkapkan kagum atas diselenggarakannya acara ini. “Saya bangga dan bersyukur karena di kampus Islam bukan hanya mengajarkan tentang keislaman saja, tetapi juga bidang musik,” paparnya, Sabtu (5/9).

ER

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Junjung Solidaritas untuk Perempuan Berhijab
Next post Mahasiswa KKN UIN Jakarta Buatkan Web Desa