Mahasiswa KKN UIN Jakarta Buatkan Web Desa

Read Time:1 Minute, 26 Second
(Dok: Pribadi)
Semarak pengabdian mahasiswa kepada bangsa sebagai wujud pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi menggaung pada Agustus 2015 oleh berbagai universitas di Indonesia. Universitas Islam Negri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi salah satu Kampus yang melaksanakan KKN, tersebar di 160 titik Kabupaten Bogor dan Tangerang yang tahun ini bertema Mengabdi untuk Negeri, Berkarya untuk Bangsa.

Desa Ciaruteun Udik, Kecamatan Bogor menjadi salah satu tempat pelaksanaan KKN yang diselenggarakan UIN Jakarta. Salah satu karya mahasiswa dalam bidang pelayanan masyarakat adalah Web desa. Website tersebut diharapkan menjadi media komunikasi desa yang informatif, sehingga segala hal yang berhubungan dengan desa dapat diketahui melalui media elektronik.

“Untuk menyeimbangi zaman sekarang yang serba internet, maka sudah seharusnya desa memiliki perangkat yang mudah dilihat oleh seluruh masyarakat di berbagai daerah. Website ini berfungsi untuk menjadi media informasi juga sebagai media marketing desa,” Tutur Faqih Alhaq selaku ketua KKN Cetar UIN Jakarta. Untuk menjaga agar website desa dapat terus berjalan sepeninggal mereka, pelatihan website desa bagi pemuda-pemuda dan aparatur desa diadakan untuk menjadi admin website yang kedepannya bertanggung jawab terhadap website itu.

“Senang sekali akhirnya website ini selesai. Kurang lebih waktu-waktu saya habis terpakai untuk menyelesaikan web ini. Tapi alhamdulillah semua lancar berkat bantuan dan dukungan dari desa dan kawan-kawan,” kata Khoirullah yang akrab disapa Irul, penanggung jawab website ketika ditanya kesan pembuatannya di sela-sela acara pelatihan yang dihadiri oleh kurang lebih 30 orang dari berbagai elemen desa.

Tajudin Sumaedi selaku Kepala Desa Ciaruteun Udik turut senang dan berterima kasih kepada mahasiswa-mahasiswa. Dia berharap semoga website ini bisa menjadi sumber berita bagi masyarakat lainnya, walaupun dia tidak bisa mengoperasikannya. Sehingga pelatihan web tersebut bagi aparatur desa menjadi penting adanya. 


Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Kosmigeni 5: Aransemen 4 Genre
Next post Upaya Preventif KPK Melalui Media