Pertanyakan Keberadaan Dosen PA

Read Time:1 Minute, 23 Second


Keberadaan Dosen Penasehat Akademik (PA) di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi sebuah pertanyaan.  Beberapa mahasiswa menilai kurangnya peran Dosen PA dalam memberikan bimbingan. Salah satu alasan adalah kurangnya pertemuan antara Dosen PA dengan mahasiswa secara intensif.

Baca: Dosen PA Antara Ada dan Tiada
Padahal dalam buku Pedoman Akademik tertulis Dosen PA wajib menyelenggarakan forum perkenalan dengan seluruh mahasiswa bimbingan. Forum pertemuan ini diutamakan untuk mahasiswa semester  awal. Munculnya pelayanan akademik secara online menjadi salah satu faktor kurangnya inisiatif dari dosen dan mahasiswa untuk melakukan pertemuan.
Wakil Rektor Akademik Fadhilah Suralaga mengungkapkan,Dosen PA dan mahasiswa mempunyai keharusan melakukan pertemuan minimal dua kali dalam satu semester. “Dosen Pembimbing Akademik mengumpulkan seluruh mahasiswa akademiknya dalam kelompok besar sekitar 40 atau 15 mahasiwa di awal semester,” ungkapnya, Selasa (20/9). Menurutnya pembahasan semester awal biasanyamembahas program studi atau fakultasterkait akademik sepereti mata kuliah, peraturan, dan sistim akademik.
Fadhilah menambahkan, untuk meminimalisir kurangnya peran Dosen PA adalah dengan menunjuk mahasiswa sebagai koordinator. Nantinya mahasiswa yang ditunjuk sebagai koordinator akan menjadi mediasi membahas pertemuan antara mahasiwa dengan Dosen PA.Khusus untuk mahasiswa dengan kelompok kecil seperti tiga atau lima mahasiswa, tidak perlu melakukan koordinasi. Cukup melakukan janji temu dengan Dosen PA atau menggunakan sarana komunikasi.
Dari survei yang dilakukan Penelitian dan Pengembangan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Institut, mahasiswa UIN Jakarta merasa Dosen PA masih kurang dalam melakukan pertemuan dengan mahasiswa bimbingannya.
*Survei ini dilakukan oleh Litbang Institut pada 19-22 September 2016 kepada 200 responden dari mahasiswa di seluruh fakultas yang ada di UIN Jakarta. Metode pengambilan dalam survei ini adalah Propotionated Stratified Random sampling. Hasil ini tidak dimaksudkan untuk mengevaluasi Dosen PA yang ada di UIN Jakarta.

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Merekam Peristiwa Lewat Lensa Kamera
Next post UIN Tunda Remunerasi Dosen