Berkilau dengan Bahasa Arab dan Komedi

Read Time:1 Minute, 58 Second

Selain suka menampilkan komedi tunggal, Bachrul Alam kerap membagikan konten video bertemakan bahasa Arab. Ia ingin mengajak masyarakat memahami bahasa Arab dengan cara yang asik dan mudah.


Bachrul Alam, komika sekaligus konten kreator kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1995 dikenal sering membuat video bertema bahasa Arab di akun Instagram-nya. Bachrul adalah lulusan Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2020. Ia juga dikenal sebagai komika yang sering menampilkan komedi tunggal di konten videonya. Bahkan dirinya mengikuti audisi Stand Up Comedy Academy (SUCA) 3 yang ditayangkan di Indosiar.

Hobinya dalam membuat konten video sudah Bachrul sukai sejak di bangku kuliah. Pada Agustus 2022 lalu, ia mulai menekuni pembuatan video secara profesional. Sebelum mengambil tema bahasa Arab pada kontennya, Bachrul sempat mencoba dengan stand up comedy, tetapi tidak mendapat banyak penonton. Namun, ketika mengangkat tema bahasa Arab, kontennya menjadi banyak dikenal. 

Lulusan PBA bukan menjadi alasan utamanya memilih konten tersebut, tetapi ia pun menyukai bahasa Arab sehingga berani untuk mengambil tema tersebut. Bahasa Arab yang disampaikan ke dalam kontennya juga termasuk bahasa yang ringan. Hal itu menurutnya, bisa membuat orang-orang suka dengan bahasa Arab. 

Supaya algoritma Instagram meningkat, saat itu Bachrul menerapkan cara one day one reels dengan mengunggah videonya agar banyak orang melihat videonya. Hal tersebut menjadi tantangan baginya agar terus memiliki ide untuk postingan video di Instagramnya.

Selain itu, tantangan lain yang dialami Bachrul tidak ada yang memberatkan dirinya sendiri. Hanya saja banyak dari netizen yang berkomentar kalau bahasa Arab itu tidak boleh dibuat menjadi bahan candaan. “Kalau bahasa Arab gak boleh dibecandain, terus orang Arab bercanda pakai bahasa apa? Masa Sunda, kan gak mungkin,” ujar Bachrul, Kamis (22/6).

Banyak pengalaman yang membuat Bachrul senang dengan dunia konten kreator. Misalnya, mendapat respons dari penonton yang mulai tertarik dan mempelajari bahasa Arab. Akhirnya, Ia mengaku puas, jika ada orang yang mulai menyukai bahasa Arab karena kontennya. “Senang aja gitu, ternyata aku hidup selama 28 tahun ada gunanya,” jelas Bachrul, Kamis (22/6).

Selain di Instagram, Bachrul juga membagikan kontennya melalui aplikasi TikTok. Ia mengatakan, baru-baru ini ingin mencoba berkonten lewat Youtube. Namun, karena produksi di Youtube terhitung sulit, akhirnya saat ini ia masih menyiapkan segala kebutuhan untuk berkonten di Youtube. “Sekarang masih siap-siap untuk produksi di Youtube,” pungkasnya, Kamis (22/6).  

Reporter : DR

Editor : Febria Adha Larasati

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Giat Komunitas Bersihkan Sampah Pesisir
Next post Kontroversi Pembuatan Skenario Film Citizen Kane