Kibarkan Merah Putih, Pecahkan Rekor Muri 

Read Time:1 Minute, 42 Second

Sekitar seribu lebih pendaki peringati kemerdekaan dari Puncak Gunung Ciremai. Aksi pengibaran 1.945 Bendera Merah Putih oleh para pendaki raih Penghargaan Rekor Muri.


Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-78 digelar di Puncak Gunung Ciremai, Jawa Barat, Kamis pagi (17/8). Upacara diselenggarakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) Sugiri Sukani Komando Operasi Udara (Koopsud) 1. Peserta upacara di gunung berketinggian 3.078 mdpl tersebut berjumlah 1.862 yang terdiri dari kalangan anggota TNI dan masyarakat sipil. 

Sebelum dimulai pada pukul 07.00, petugas upacara yang terdiri dari anggota TNI AU terlebih dahulu melakukan gladi. Upacara berlangsung khidmat meski udara dingin menerpa para peserta upacara. Setelah upacara selesai, seluruh peserta serentak mengibarkan bendera sembari menyanyikan lagu wajib nasional dengan lantang. Aksi pengibaran bendera berjumlah 1.945 itu memecahkan Rekor Muri Pengibaran Bendera Merah Putih Terbanyak di Puncak Gunung.

Inspektur Upacara, Letnan Kolonel (Letkol) Korps Penerbangan (Pnb) Supardo Butarbutar mengatakan persiapan pengibaran bendera di Puncak Ciremai dilakukan kurang dari dua minggu. Supardo juga menghimbau untuk tidak mengibarkan bendera selain merah putih selama prosesi upacara, tujuannya untuk menggambarkan persatuan menjelang pesta demokrasi. 

“Kita ke sini untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, harapannya yang berkibar di puncak ini adalah Bendera Merah Putih,” tutur Suparno, Kamis (17/8).

Salah satu peserta upacara, Nurhaifa Febriana mengaku baru pertama kali melakukan seremonial upacara kemerdekaan di puncak gunung. Haifa mengaku perjuangannya menuju puncak penuh rintangan karena melewati jalur yang berpasir dan licin. 

“Jujur karena pertama kali aku nggak ekspektasi apa-apa, ternyata rame banget terus seru nyanyi bareng-bareng setelah seremonial,”  ucap Haifa, Kamis (17/8).

Peserta upacara lainnya, Satrio Ibra Maulana mengaku terkesan dengan momen pertama melakukan pendakian dan upacara di puncak gunung tertinggi di Jawa Barat tersebut. Ia merasa terharu bisa mencapai puncak dan merayakan HUT ke-78 RI bersama pendaki lain di sana. “Setiap langkahnya saat mendaki dan melihat keindahan alam Indonesia itu menyertai rasa bangga pada negeri ini,” ujarnya, Kamis (17/8). 

Reporter: Wan Muhammad Arraffi & Ibrahim Haikal Putra Abadi

Editor: Nurul Sayyidah Hapidoh

Happy
Happy
67 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
33 %
Previous post Atasi Krisis Iklim dengan Agama
Next post Kontribusi Pemuda dalam Krisis Iklim