Bangkitkan Semangat Lewat Eksplorasi Kebudayaan

Bangkitkan Semangat Lewat Eksplorasi Kebudayaan

Read Time:1 Minute, 36 Second
Bangkitkan Semangat Lewat Eksplorasi Kebudayaan

Kejar Mimpi Jakarta berkolaborasi dengan Kedutaan Prancis guna mengenalkan budaya dan bahasa Prancis. Acara tersebut bertempat di Institut Francais, Jakarta Pusat.


Komunitas Kejar Mimpi (KM) Jakarta menggelar acara kolaborasi dengan Kedutaan Prancis. Acara tersebut mengusung tema Mengenal Lebih Dekat Bahasa Prancis dan Beasiswa Prancis yang bertempat di Institut Francais Jakarta Pusat pada Kamis, (14/9).

Berbagai kalangan turut hadir mengikuti acara ini, baik kalangan muda maupun tua. Hal ini dikarenakan acara tersebut terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya. Akan tetapi, sebelum mengikuti rangkaian acara, peserta diarahkan untuk menulis harapannya terhadap kegiatan tersebut.

Acara ini berlangsung dengan adanya kursus bahasa Prancis, penayangan film motivasi Prancis, serta pemberitahuan informasi beasiswa Prancis. Selain itu, peserta juga diajak untuk mengunjungi perpustakaan milik Institut Francais guna mengenalkan kedutaan Perancis. 

Ketua KM Jakarta, Ikbal Alimuddin mengungkapkan, acara tersebut bertujuan untuk membangun semangat generasi muda dalam mengenal bahasa dan budaya asing. Hal itu dilakukan salah satunya dengan mengunjungi kedutaan Prancis untuk mengetahui beasiswa yang disediakan pemerintah Prancis maupun Indonesia. “Selain kegiatan ini, kami sempat mengadakan kegiatan go to school ke beberapa sekolah dan universitas,” ungkapnya, Kamis (14/9). 

Lanjut, Ikbal menerangkan bahwa kegiatan kunjungan kedutaan dilakukan selama sebulan sekali. Namun, ia juga merencanakan kunjungan berikutnya ke perbankan CIMB NIAGA guna belajar mengenai perkantoran. “Mungkin kunjungan yang sekarang akan menjadi kunjungan yang pertama dan perusahaan pertama,” lanjutnya. 

Salah satu partisipan KM Jakarta, Raihan Syafiq Ramadhan mengetahui kegiatan ini dari instagram milik KM Jakarta. Sehingga, ia tertarik mengikuti kegiatan tersebut karena hal itu menjadi pengalaman pertamanya mengunjungi kedutaan besar di Indonesia. “Pertahankan acara seperti ini dan perbanyak lagi penyebaran informasi agar semua orang bisa mengetahuinya,” jelasnya, Kamis (14/9). 

Menurut Raihan, kegiatan KM sangat berkesan, karena ia tidak terlalu mengetahui tentang kebudayaan Prancis. Namun, setelah mengikuti kegiatan ini Raihan mendapatkan pembelajaran tentang bahasa, budaya, dan beasiswa di Prancis. “Walaupun singkat tapi berkesan,” pungkasnya. 

Reporter : Ibrahim Haikal Putra Abadi

Editor : Shintia Rahayu S

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Fakultas dengan Mahasiswa Terbanyak di UIN Jakarta Previous post Fakultas dengan Mahasiswa Terbanyak di UIN Jakarta
Evaluasi Kampus PPG, Sawanganisme Membuka Diskusi Next post Evaluasi Kampus PPG, Sawanganisme Membuka Diskusi