Peran Penting Literasi Finansial bagi Generasi Z

Read Time:1 Minute, 56 Second

 Fenomena susahnya mencari pekerjaan dirasakan oleh generasi muda khususnya generasi Z. Mengatasi fenomena tersebut, Kejar Mimpi Jakarta menyelenggarakan acara pelatihan manajemen finansial dan perencanaan karier. 


Kejar Mimpi (KM) Jakarta menyelenggarakan acara seminar bertajuk “Plan Your Future: Career Goals and Financial Literacy” pada Kamis (30/11) di Menara Sentraya, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 54 peserta dari berbagai kalangan seperti mahasiswa dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Risky Nali Manoppo Senior Wealth Management Specialist dari CIMB Niaga dan Rachel Saputro sebagai Digital Economy Relationship Management CIMB Niaga. 

Ketua KM Jakarta, Ikbal Alimudin menjelaskan acara tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada generasi muda  terkait manajemen finansial dan perencanaan karier. Saat ini, menurut Ikbal, banyak pemuda yang mencari pekerjaan di perusahaan tapi kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. “KM memberikan materi terkait manajemen keuangan yang relevan bagi orang yang sedang mencari karier,” ujarnya, Kamis (30/11)

Ikbal juga menuturkan, materi mengenai manajemen finansial sangat fundamental. Adanya materi ini mengajarkan generasi muda untuk mengetahui tata cara memanajemen uang dan perencanaan karir agar lebih rapi. 

Ikbal menjelaskan bahwa prospek kerja tak lagi terpaku pada jurusan tertentu, perbankan membuka peluang bagi pemuda yang merasa salah jurusan, menyoroti pentingnya berbagai keterampilan lain yang dimiliki. Menurutnya, mempelajari literasi finansial dan perencanaan karier inilah awal yang krusial bagi pemuda. “Tujuannya untuk mendapatkan pekerjaan, tanpa memandang latar belakang pendidikan atau jurusan,” tutur Iqbal, Kamis (10/11).

Salah satu peserta acara seminar KM Jakarta, Denny Daniar merasa tertarik dengan acara tersebut. Menurut Denny, materi yang disampaikan sangat bermanfaat karena membahas terkait pengelolaan keuangan yang baik. “Penyampaian materinya juga sederhana dan mudah dipahami,” ujarnya, Kamis (30/11). . 

Denny yang juga merupakan Mahasiswa Politeknik Bentara Citra Bangsa melanjutkan, penting untuk melek akan literasi finansial, tadi disebutkan juga kita termasuk remaja sandwich generation—memiliki beban finansial ganda. Jadi memang harus benar-benar berusaha sejak dini untuk mengelola keuangan. “Jujur saya sedari kecil memang dibimbing mengelola keuangan. Jadi kayak, ketemu materi ini tuh bener-bener penting,” ucapnya, Kamis (30/11). 

Menurut Denny, acara ini sangat berkualitas karena menghadirkan narasumber profesional yang memberikan wawasannya kepada generasi muda.  “Saya berharap, acara ini dapat menjadi langkah awal yang penting dalam mengelola finansial dengan baik bagi para generasi muda,” kata Denny, Kamis (30/11).

Reporter: Ibrahim Haikal Putra Abadi

Editor: Muhammad Naufal Waliyyuddin

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Tebar Janji, Redakan Aksi
Next post Tak Kunjung Selesai, Kini Dihentikan