Bukti Pengorbanan, Cinta, dan Perjuangan

Bukti Pengorbanan, Cinta, dan Perjuangan

Read Time:1 Minute, 57 Second
Bukti Pengorbanan, Cinta, dan Perjuangan

Judul Film : Kadet 1947

Sutradara : Rahabi Mandra dan Aldo Swastia

Durasi : 1 jam 51 menit

Genre : Laga, perang, petualangan, drama, drama sejarah

Rilis : 25 November 2021

Rating : 6,3 IMDb

Kadet 1947 merupakan film yang mengangkat sejarah Agresi Militer Belanda I tahun 1947. Berlatar di Pangkalan Udara (Lanud) Maguwo yang kini berubah nama menjadi Lanud Adisutjipto. Mengisahkan tentang sekelompok kadet yang dengan sabar menunggu giliran untuk berlatih menggunakan pesawat tempur. Ada satu kendala, yakni Pesawat Pangeran Diponegoro II yang menjadi andalan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) tengah mengalami masalah pada pompa bahan bakar. 

Seorang kadet mengaku pernah melihat bangkai pesawat Pangeran Diponegoro I dan berinisiatif untuk mengambil pompa bahan bakarnya. Namun, masalah baru muncul, diketahui lokasi pesawat Pangeran Diponegoro I berada di luar garis demarkasi militer. Seakan tak peduli, dua orang kadet bersikukuh untuk pergi ke sana dengan mengajak dua orang teknisi udara. Secara diam-diam mereka keluar dari Maguwo dan berujung tertangkap basah oleh pasukan Belanda.

Berkat pertolongan Panglima Sudirman, mereka berhasil mengambil pompa bahan bakar dan membawanya ke Maguwo. Pesawat Pangeran Diponegoro II pun berhasil dinyalakan. Namun hal ini justru berimbas kepada seluruh kadet, perwira menjatuhkan sanksi kepada para kadet dengan tidak memberikan izin terbang.

Di tengah situasi panas para kadet yang saling menyalahkan satu sama lain, datang berita bahwa Belanda akan menyerang Maguwo. Semua kadet diperintahkan untuk memindahkan pesawat yang disembunyikan di hutan ke landasan. Namun, hal itu justru sebuah jebakan dari salah seorang pengkhianat AURI. Alhasil, hampir semua pesawat hancur dijatuhkan bom, termasuk pesawat Pangeran Diponegoro II. 

Dengan empat pesawat yang tersisa, para kadet meyakinkan para perwira AURI untuk menyerang Belanda. Penyerangan difokuskan pada gudang logistik dan artileri Belanda di Ambarawa, Semarang, dan Salatiga. Misi ini menjadi operasi udara pertama Indonesia yang menjadi eksistensi dunia.

Kadet 1947 merupakan film layar lebar Indonesia yang dirilis pada November 2021. Mulanya, Kadet 1947 diproduksi untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, tetapi terkendala pandemi Covid 19 sehingga proses syuting dan penayangan mengalami penundaan. Kadet 1947 menjadi wajah baru dalam penayangan drama sejarah. Dengan alur cerita yang mudah dipahami, serta dibumbui kisah romantis dan persahabatan.

Menyesuaikan dengan latar belakang sejarah pada tahun 1947, sehingga penuturan dan ejaan menggunakan gaya lama. Didukung dengan unsur lainnya dari segi tata rias dan pemilihan kostum. Hal tersebut mendukung untuk membawa para penonton memasuki era peperangan dan orde lama.

Reporter: NS

Editor: Ken Devina 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Taman Suropati, Wajah Segar di Pusat Kota Previous post Taman Suropati, Wajah Segar di Pusat Kota
Perkembangan AI Ancam Manusia Next post Perkembangan AI Ancam Manusia