Demi Temu, Rela Bertamu

Demi Temu, Rela Bertamu

Read Time:2 Minute, 1 Second
Demi Temu, Rela Bertamu

Judul Film: Ngeri-Ngeri Sedap

Tahun Rilis: 2022

Genre: Drama Komedi

Durasi: 114 Menit

Sutradara: Bene Dion Rajagukguk

Skor: 8/10 (IMDb)

Ngeri-Ngeri Sedap adalah sebuah film drama keluarga dengan latar belakang Suku Batak. Film ini menceritakan Pak Domu dan Mak Domu yang merupakan sepasang suami–istri dan memiliki empat orang anak, yakni Domu, Gabe, Sahat, dan Sarma.

Domu, Gabe, dan Sahat berada di perantauan dengan daerah yang berbeda-beda untuk bekerja. Suatu ketika, Pak Domu dan Mak Domu mengharapkan ketiga anaknya untuk pulang setelah bertahun-tahun, namun keinginan tersebut tidak bisa diwujudkan oleh ketiga anaknya. 

Akhirnya, dalam satu upacara adat bernama Sulang-Sulang Pahompu, Pak Domu bersama istrinya pura-pura bertengkar dan mengatakan ingin cerai kepada ketiga anaknya. Hal tersebut dilakukan agar ketiga anaknya bisa kembali ke rumah berkumpul bersama dalam upacara adat tersebut. 

Singkat cerita, ketiga anaknya pun memutuskan untuk pulang dan berusaha menyelesaikan permasalahan kedua orang tuanya. Namun, rencana Pak Domu dan Mak Domu untuk bercerai menimbulkan masalah yang lebih kompleks hingga menyebabkan Mak Domu pisah rumah dengan Pak Domu. 

Selang beberapa hari, Pak Domu pun hendak menjemput Mak Domu di rumah orang tuanya. Namun, kedatangannya ditolak dan Mak Domu menyampaikan bahwa ia akan pulang jika Pak Domu membawa anak-anak untuk menjemputnya.

Akhirnya, Pak Domu berjuang mendatangi setiap anaknya dan memohon untuk kembali ke rumah. Ia berusaha memahami keinginan setiap anaknya agar timbul keluarga yang harmonis tanpa keegoisan. 

Secara keseluruhan film ini mengajarkan penonton untuk selalu menjaga komunikasi dengan keluarga, dan mendengarkan pendapat orang lain menjadi hal yang penting untuk menjaga keharmonisan dalam hubungan. Selain itu, sikap egois juga dapat membuat orang-orang tidak menghargai kita. 

Plot yang disajikan dalam kisah ini mampu membuat penonton terbawa dalam suasana film. Film keluarga ini juga menyelipkan komedi yang membuat suasana cerita imbang dengan latar suasana lain, pengambilan gambar yang menarik dan pemilihan musik yang pas. 

Film Ngeri-Ngeri Sedap berhasil meraih 15 kemenangan dalam berbagai nominasi. Salah satunya dalam Piala Maya 2023 sebagai Film Cerita Panjang Terpilih. Kemenangan lain yang diraih yakni pada Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2022 sebagai Sutradara Terbaik. 

Film ini juga menerima penghargaan atas Film Terbaik Komedi, Penulis Skenario Terbaik, Penata Gambar Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, Selain itu, Penata Musik Terpuji Film Bioskop, Pasangan Terbaik, Film Cerita Panjang Terpilih, Sutradara Terpilih, Skenario Asli Terpilih, Penyuntingan Gambar Terpilih, dan Lagu Tema Terpilih.

Penulis: RIN

Editor: Shintia Rahayu Safitri

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Mahasiswa Harapkan Fasilitas Penyeberangan Aman Previous post Mahasiswa Harapkan Fasilitas Penyeberangan Aman
Tingkatkan Elektabilitas Melalui Citra Next post Tingkatkan Elektabilitas Melalui Citra