Bencana Depan Mata, Mereka Tutup Mata

Read Time:2 Minute, 0 Second

Judul: Don’t Look Up
Tahun Rilis: 2021
Genre: Drama, Komedi
Durasi: 138 Menit
Sutradara: Adam McKay
Skor: 7,2/10 (IMDb)

Film Don’t Look Up menceritakan sebuah komet yang akan menghantam bumi dan menyebabkan kehancuran. Komet tersebut ditemukan oleh Kate Dibiasky, seorang mahasiswa bersama dosennya, Dr. Mindy. Mereka memberi nama komet tersebut Komet Dibiasky. Kabarnya, Komet Dibiasky akan menabrak bumi dalam waktu 6 bulan 14 hari.

Kate dan Mindy tidak diam begitu saja, mereka menghubungi National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk bekerja sama mencegah kehancuran akibat komet tersebut. Tak hanya itu, mereka juga mendatangi Presiden Amerika Serikat, Orlean untuk meminta tindakan pencegahan. Mereka memiliki rencana dengan menerbangkan sebuah drone yang diberi nuklir untuk menangkis dan mengubah orbit komet menjadi bagian-bagian kecil.

Mirisnya, presiden menganggap kabar tersebut hanya sebuah lelucon. Alih-alih khawatir akan bahaya komet, ia justru lebih mementingkan penyelenggaraan pemilu. Kate dan Mindy belum menyerah, mereka berencana mengumumkan kabar komet ke publik melalui media The Daily Rip. Namun, publik lebih tertarik dengan berita kehidupan selebriti dibanding berita buruk komet.

Saat datang ke acara The Daily Rip, Kate tidak bisa mengontrol emosinya sehingga ia dicibir masyarakat. Ia merasa tidak dihargai karena pembawa acara menganggap remeh atas berita yang disampaikan.

Film ini menunjukkan betapa pentingnya partisipasi publik dalam menanggapi sebuah berita yang sudah dibuktikan secara ilmiah. Khususnya, partisipasi pemerintah untuk mewujudkan keselamatan bersama. Kate dan Mindy sudah berusaha keras atas pencegahan yang mengancam seluruh kehidupan di bumi.

Presiden justru bekerja sama dengan perusahaan seluler untuk mengambil keuntungan dari komet yang akan menabrak bumi. Infonya, komet tersebut mengandung mineral langka yang bisa mereka olah dan menghasilkan jumlah uang yang fantastis serta dapat menguntungkan dua pihak tersebut. Sayangnya, usaha presiden untuk meluncurkan roket dan drone gagal dan hanya membuang-buang waktu.

Meski konflik yang disajikan cukup berat, tetapi pembawaan dalam film ini cukup ringan sehingga jalan ceritanya mudah dipahami. Teka-teki yang disajikan menjadikan penonton merasakan suasana di setiap kejadian. Selain itu, pengambilan gambar dalam film ini juga dapat menarik perhatian penonton.

Don’t Look Up dapat disaksikan melalui platform berbayar Netflix. Film ini berhasil meraih kemenangan pada BMI Streaming Media Award 2023. Film ini juga berhasil memasuki nominasi pada Academy Awards, BAFTA Awards, Critics Choice Awards, dan lain-lain. Kategori tersebut di antaranya Best Motion Picture of the Year, Best Achievement in Film Editing, Best Original Screenplay, Best Achievement in Music Written, Best Leading Actor, Best Comedy Movie, Best Picture, Best Song, Best Acting Ensemble.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Amunisi Awal Gugat Kenaikan UKT
Next post Terlambat Pelantikan Hambat Pencairan Dana