Metro Mini Riwayatmu

Read Time:1 Minute, 15 Second

Menunggu
Foto & Teks: M. Ali Wafa
Sang Raja Jalanan, itulah julukan yang disematkan warga Ibukota kepada Metromini, moda transportasi mini bus ini terkenal dengan biaya murah namun supirnya kerap ugal-ugalan di jalan.

Menilang
Bus ukuran sedang ini pertama kali muncul pada taun 1962 sebagai kendaraan umum pengangkut para atlek saat pesta olahraga negara-negara berkembang Games of The New Emerging Forces (Ganefo) sebagai tandingan Olimpiade pada saat itu.

Seiring laju modernitas, masyarakat pun membutuhkan transportasi yang aman dan nyaman, Metromini nyatanya tak mampu menjawab tantangan waktu dan tergerus perkembangan zaman.

Dengan usia yang tidak muda lagi, Metromini tetap dipaksakan untuk beroperasi. Padahal jelas pemerintah melalui Peraturan Perda (Perda) DKI Jakarta Nomor 5vTahun 2014 tentang transportasi salah satunya mengatur pembatasan usia angkutan umum maksimal 10 tahun.

Kendali Mobil
Selain itu, buruknya perawatan dan manajemen mengakibatkan banyak armadanya yang tak dirawat. Banyak komponen kendaraan yang penting bagi keselamatan penumpang ban, lampu sein dan rem yang tidak lagi berfungsi dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyebutkan selama Periode Januari-November 2015, Metromini mengalami kecelakaan sebanyak 62 kali.

Untuk membenahi hal tersebut, Gubernur DKI Jakarta berencana untuk mengintegrasi dengan moda Transjakarta, menaikkan standar gaji agar para sopir tidak lagi ugal-ugalan demi mengajar setoran dan juga memperbaki kemampuan para sopir serta mengganti armada baru.

Bermain
Penumpang Metro Mini
Barangkali jika sudah waktunya Sang Raja Jalanan menghilang sejenak dari aspal jalan Ibukota dan terlahir kembali dengan Metromini baru yang lebih nyaman dan manusiawi. Saatnya Sang Raja bisa melenggok-lenggok kembali di jalanan dan menjadi kebanggaan warga Jakarta seperti dahulu kala.

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post TABLOID EDISI 42
Next post Anak Tewas Terseret Arus