Relawan RANITA Berangkat ke Lombok

Read Time:1 Minute, 28 Second
Gempa bumi kembali terjadi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat(NTB) pada Minggu (5/8) malam. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan gempa bumi bermagnitudo 7 berpusat di lereng Gunung Rinjani. Sebelumnya, pada Minggu (29/7) gempa mengguncang Lombok dengan magnitudo 6,4.

Kejadian ini membuat Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Battutah (KMPLHK RANITA) bersigap dan mengumpulkan data lapangan. Alhasil, tujuh delegasi anggota RANITA menjadi tim relawan gempa Lombok. Acara pelepasan relawan pun dilaksanakan di depan Gedung Rektorat Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pada Senin, (6/8).

Di antara barisan relawan ada Mujahidin Lukindo. Ia mengajukan diri untuk menjadi relawan di Lombok. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban sebagai anggota RANITA untuk terjun ke lapangan. “Saya merasa terharu, karena jarang mahasiswa dikirim untuk menjadi relawan, ujarnya, Senin (6/8). Mujahidin juga pernah berpengalaman menjadi relawan di Bali pada saat erupsi Gunung Agung pada 2017 lalu.

Perihal keberangkatan, Ketua Umum Ranita Achmad Wildanul Ahyar menuturkan dana transportasi dan akomodasi untuk tim relawan menggunakan dana internal RANITA dengan bantuan dari senior UKM tersebut. Hingga acara pelepasan, belum ada bantuan dana dari pihak kampus. Kami sudah mengajukan dana kepada pihak kampus, tapi dana dari kampus prosesnyalama. Jadi kami bergerak saja.” ungkapnya.

Acarapelepasan tim relawan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Bina Bakat dan Minat Mahasiswa UIN Jakarta Raden Trisno Muh. Riyadhi. Dalam sambutannya, ia berharap agar RANITA menjalankan tugas dengan baik, kembali dengan selamat, tetap melaporkan segala informasi dan perkembangan yang terjadi Lombok. “Tetap menjaga nama baik almamater,” pintanya.

Sementara itu, relawan RANITA Yayan Suryani sebelumnya sudah berada di Lombok. Pada Senin malam, Mujahidin Lukindo dan Tia Yip Apriliani bertolak ke Lombok.  Sedangkan Sundari Tri Lestari, Dewi Rochyati, Yogi Handika dan Dewita Alifah Firyal akan berangkat hari ini bersama Tentara Nasional Indonesia.

HA

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Tugas dan Fungsi Pustakawan Kurang Maksimal
Next post Pengenalan Kampus UIN Ricuh