Maraknya Baksos Saat Ramadhan

Read Time:2 Minute, 1 Second
Fenomena kegiatan sosial menjamur jelang datangnya bulan ramadhan. Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta pun turut serta menyelenggarakan rangkaian acara yang melibatkan anak-anak panti asuhan. Dari organisasi intra kampus hingga ekstra kampus semua ramaikan bulan suci ramadhan dengan bakti sosial.

Seperti kegiatan sosial yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Kimia UIN Jakarta. Mereka mengadakan kegiatan sosial melalui acara santunan dan buka puasa bersama anak-anak yatim.

Acara ini mengundang anak-anak dari panti asuhan Nurul Ikhwan, Cirendeu. Selain untuk meramaikan bulan suci ramadhan, acara tersebut pun merupakan bentuk silaturahim dan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Tak hanya itu, salah satu tokoh agama yang diundang dalam acara tersebut, Soleh Hasan memaparkan, kegiatan sosial merupakan kegiatan positif yang harus terus berlanjut. Pasalnya, dengan mengadakan bakti sosial, generasi muda khususnya mahasiswa dapat terus bermanfaat untuk masyarakat.

Sama halnya dengan mahasiswa HMPS Pendidikan Kimia, salah satu organisasi ekstra kampus juga menyelenggarakan hal serupa. Semisal, acara buka puasa bersama anak-anak TPA Binaan al-Amal yang diselenggarakan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) di salah satu rumah warga di Griya Kencana, Legoso, Sabtu (20/6).

Acara tersebut bukan pertama kalinya KAMMI adakan. Apa pasal, setiap tahunnya mereka rutin melakukan acara buka puasa bersama anak-anak TPA. “Berharap acara ini dapat membuat anak-anak TPA semakin semangat mengkaji ilmu agama,” ujar Koordinator Departemen Sosial Masyarakat, Asma Karimah, Senin (29/6).

Kegiatan serupa pun dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid UIN Jakarta. LDK Komisariat Dakwah (Komda) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) mengadakan acara buka puasa bersama 80 anak yatim di rumah belajar Shareefa, Legoso, Sabtu (27/6).

Divisi Dana Usaha (Danus) LDK Komda FITK, Rina Afriyanis mengatakan, penggalangan dana untuk acara tersebut bervariasi. Mulai dari meminta sumbangan keliling hingga pengajuan proposal ke rumah zakat dan alumni. Tak hanya itu, mereka pun mengumpulkan uang dengan berjualan sebelum bulan puasa.

Acara tersebut, lanjut Rina, merupakan acara rutin yang bertujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada anak yatim. ”Alhamdulillah dari tahun ke tahun rutin, tapi kalau tempatnya berbeda,” tuturnya
Lain HMPS Pendidikan Kimia, LDK, dan KAMMI, lain pula HMB. Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) mengisi bulan ramadhan dengan mengadakan pesantren kilat. Acara tersebut dihadiri oleh siswa TPA al-Muhajirin dan TPA al-Ikhlas.

Divisi Humas acara tersebut, Siti Makhfuzhoh menuturkan, acara ini adalah acara rutin yang diadakan HMB. Namun setiap tahunnya konsep acara dikemas secara berbeda. “Biasanya HMB mengadakannya di pelosok banten”, tuturnya, Senin (29/6).

JA

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Ongkos Mahal Fasilitas Abal-abal
Next post Save Street Child: Berbagi Kasih dengan Anak Marjinal