Optimistis Pendanaan Masjid Kampus PPG

Read Time:1 Minute, 33 Second

Beredar Proposal Pembangunan Masjid Syarif Hidayatullah di kalangan civitas academica Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), Senin (16/11). Melalui WhatsApp, pembangunan masjid tersebut diketahui bertujuan untuk memfasilitasi ruang perkuliahan Mahasiswa FITK yang berkuliah di Gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) sekaligus mengakomodasi pelatihan pendidik dan tenaga kependidikan madrasah.

Pada bagian anggaran, dana yang dibutuhkan kurang lebih sebesar tujuh miliar rupiah. Adapun saat ini, sumber dana berasal dari penggalangan internal dan eksternal. Untuk penggalangan dana intenal, Panitia Pembangunan Masjid Syarif Hidayatullah mengadakan lelang amal bagi mahasiswa, dosen, dan staf yang ingin ikut andil menginfakkan uang mereka.

Seperti halnya salah seorang Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Faiz Aidin, ia bersama teman-teman sekelasnya turut ikut dalam lelang amal tersebut. Menurutnya, pelelangan sedikit banyak dapat membantu proses pembangunan masjid. “Saya berharap agar lebh banyak lagi civitas academica yang berpartisipasi untuk melancarkan pembangunan masjid,” ujar Faiz, Selasa (8/12).

Dekan FITK Sururin mengungkapkan, pihaknya sangat berharap agar para civitas academica dapat menyisihkan infaknya. Tak hanya di lingkup FITK, penggalangan dana internal juga kerap dilakukan di lingkup Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta secara luas.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama FITK Khalimi Mastna menambahkan, penggalangan dana eksternal juga mereka upayakan. “Seperti kepada Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) dan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta,” ungkap Khalimi, Jumat (11/12).

Menurut Ketua Panitia Pembangunan Masjid Syarif Hidayatullah Muhamad Arif, penggalangan dana internal maupun eksternal akan terus dilakukan hingga 2021 mendatang. Baru pada anggaran 2022, ada kemungkinan untuk pihak FITK mengajukan proposal pendanaan kepada Kementerian Agama RI melalui Biro Perencanaan dan Keuangan UIN Jakarta.

Kepala Tata Usaha FITK Edy Suandi menyebutkan, akan turut dibangun fasilitas lain seperti laboratorium, klinik, pusat perekonomian, dan tempat-tempat diskusi bagi mahasiswa di area masjid. “Sebab, proposal tidak bisa diajukan jika hanya untuk masjid saja,” imbuhnya pada Rapat Persiapan Kerja Fondasi di Gedung PPG, Jumat (11/12).

SNL, ES, HNZ

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Paradoks Media Sosial
Next post Belajar Investasi Bersama GIS