Mahasiswa Butuh Layanan Konseling

Mahasiswa Butuh Layanan Konseling

Read Time:1 Minute, 50 Second
Mahasiswa Butuh Layanan Konseling

Kebutuhan mahasiswa akan layanan konseling perlu menjadi perhatian. LKPM berupaya agar layanan tersebut merata di seluruh fakultas, namun belum terealisasi hingga kini.


Layanan Kesejahteraan Psikologi Mahasiswa (LKPM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan lembaga yang memberikan pelayanan konseling mengenai kesehatan mental. LKPM berlokasi di Gedung Fakultas Psikologi, tepatnya di ruang Laboratorium Psikologi. Lembaga konseling tersebut hanya diperuntukkan bagi Mahasiswa Psikologi saja. 

Ketua LKPM UIN Jakarta Neneng Tati Sumiati mengatakan, lembaga tersebut dibentuk berdasarkan gagasan Dekan Fakultas Psikologi UIN Jakarta 2021, Zahrotun Nihayah. LKPM berdiri atas kesadaran bahwa mahasiswa membutuhkan layanan konseling kesehatan mental. ”Ketika akhir pandemi, kami melihat Mahasiswa Psikologi banyak mengalami permasalahan yang memerlukan bantuan profesional,” ucapnya, Minggu (19/11).

Neneng menyampaikan, keberadaan LKPM tidak merata di seluruh fakultas karena layanan tersebut bukanlah program universitas. Pimpinan Fakultas Psikologi pernah mengusulkan pemerataan LKPM untuk seluruh Mahasiswa UIN Jakarta. Menurutnya, bukan hanya Mahasiswa Psikologi yang memerlukan layanan ini. “Namun, memang belum terealisasi seperti apa dan bagaimananya,” tuturnya.  

Neneng lanjut mengungkapkan, LKPM mengalami kesulitan jika harus melakukan pemerataan layanan konseling. Hal itu dikarenakan jumlah Mahasiswa UIN Jakarta sangat banyak. “Selain itu, jumlah sumber daya manusia yang bersedia menjadi konselor juga tidak banyak,” ungkapnya.

Salah satu Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan, Hana Nur Annisa mengaku setuju dengan pemerataan lembaga konseling di berbagai fakultas. Lembaga tersebut, menurutnya, dapat menjadi wadah mahasiswa untuk menyelesaikan permasalahan akademik. “Jika memungkinkan dapat dilakukan pemerataan di berbagai fakultas,” ungkapnya, Jumat (10/11).

Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, An Nabilla Nurjannah menilai pemerataan lembaga konseling penting untuk mahasiswa. “Setidaknya sebagai tempat untuk konsultasi atau mencari solusi,” ucapnya, Kamis (9/11).

Mahasiswa Prodi Jurnalistik, Salsabilla Nofianti menyatakan, seluruh mahasiswa UIN Jakarta juga membutuhkan layanan konseling. “Karena bukan hanya mahasiswa Fakultas Psikologi saja yang butuh,” katanya, Kamis (9/11).

Kepala Bagian Umum, Saroni mengatakan, upaya pemerataan LKPM di UIN Jakarta adalah langkah yang baik. Saroni juga menyarankan agar keluhan mahasiswa disampaikan kepada dosen Penasehat Akademik (PA). “Jadi keluhan dan persoalan mahasiswa bisa disampaikan lewat dosen PA,” tuturnya, Rabu (8/11).

Selanjutnya, Saroni mengungkapkan, salah satu penyebab gangguan kejiwaan pada seseorang karena jauhnya hubungan orang tersebut dengan tuhan. “Jadi larinya ke pendekatan religius, dan ketaatan dalam beragama,” pungkasnya.

Reporter: MSA

Editor: Shaumi Diah Chairani

Happy
Happy
67 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
33 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Wajah Baru Situs Kampus  Previous post Wajah Baru Situs Kampus 
Kacau Balau Parkiran Kampus Satu Next post Kacau Balau Parkiran Kampus Satu