Maba FITK Keluhkan Waktu Salat

Read Time:1 Minute, 30 Second

Pada tahun 2018 ini, mahasiswa yang mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta berjumlah 7.602 orang dari 12 fakultas.  Pelaksanaan PBAK dilakukan selama empat hari di Lapangan UIN Jakarta. Dalam teknis pelaksanaan, PBAK dibagi dalam tiga tingkatan yaitu tingkat universitas, fakultas dan jurusan.

Mobilisasi maba dengan jumlah yang besar tak pelak menjadi kendala. Seperti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK, jadwalmengenai persoalan waktu salat bagi maba kian dipertanyakan. Maba FITK mengeluhkan sulitnya meminta izin untuk salat namun tak mendapat izin dari panitia. Maba terpaksa menunda waktu salat.

Maba FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam Muhammad Ainul Yakin mengungkapkan kekecewaannya atas panitia PBAK FITK. Ia mengaku sulitnya meminta izin panita untuk melaksanakan salat. “Jika ada maba yang ingin keluar untuk sholat, namun ditahan.” terangnya, Kamis (30/8).

Badan Pengawas PBAK FITK Ahmad Aviecena Ahsan mengatakan bahwa kendala dari keterlambatan waktu salat karena dari panitia sendiri kurang disiplin dan komitmen dalam susunanacara. Begitu pun dari sarana dan prasarana, panitia menyatakan belum optimal mengurus jumlah Maba FITK sebanyak 1.200 orang.

Menanggapi hal itu, Ketua PBAK FITK Kardita mengatakan bahwa dalam sebuah acara secara spontanitas tak dapat diprediksiyang terjadi di lapangan. Dalam pelaksanaan salat, ia menyatakan tak sepenuhnya bisa diakomodasikan. Karena itu pelaksanaan salat di fakultas menjadi terganggu.

Lebih lanjut, Kardita juga mengungkapkan permintaan maaf kepada maba atas persoalan dan kesalahpahaman yang terjadi di FITK. “Kami meminta maaf jika maba merasa terganggu atau merasa tidak nyaman atas kejadian di FITK,” ujarnya, Kamis (30/8).

Sementara itu, Wakil Dekan III FITK Fauzan mengakui adanya keterlambatan waktu salat itu pada hari pertama PBAK. Pasalnya, ia mengawasi langsung pelaksanaan PBAK FITK.Menurutnya, keterlambatan salat terjadi setelah alotnya kegiatan di acara pembukaan PBAK Universitas. “Jika ada maba yang mengeluhkan PBAK FITK, lapor ke saya saja.” tutupnya, Kamis (30/8).

HR

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Previous post Maba Psikologi Gelar Salat Gaib
Next post Menganalisis Teknologi Nuklir