Menemukan Sang Ilahi Melalui Hati

Read Time:1 Minute, 41 Second

Judul Buku         : Tuhan Ada di Hatimu

Penulis               : Husein Ja’far Al-Hadar

Penerbit             : Noura Books

Tahun Terbit       : 2020

Cetakan                  : Pertama

Jumlah Halaman    : 203 halaman


Perkembangan zaman dan keberagaman budaya nusantara, memberikan corak baru terhadap tata cara beragama umat Islam Indonesia. Beragama pun dianggap menjadi suatu hal yang kaku dan tidak sesuai dengan zaman.


Pria yang kerap disapa Habib ini, membahas berbagai macam topik yang selalu menjadi pembahasan hangat di kalangan muslim Indonesia. Ia membaginya menjadi empat pembahasan—makna hijrah yang sebenarnya, Islam yang disalahartikan, bagaimana akhlak seorang muslim, kemudian berdakwah lewat musik, candaan, dan media hiburan.


Dalam bukunya, Husein mengawali pembahasan soal fenomena Ka’bah yang sepi lantaran pandemi Covid-19. Tidak ada seorang pun yang boleh memasuki wilayah suci tersebut, termasuk seorang petinggi kerajaan. Hanya para petugas kebersihan Ka’bah yang diizinkan untuk mengakses tempat itu.


Melalui peristiwa ini ia menggambarkan, betapa Tuhan sangat ingin dekat dengan para penjaga rumah-Nya. Pandemi menjadi momen kedekatan bagi penjaga rumah-Nya untuk berhubungan langsung dengan Tuhan.


Selain itu, Husein memetik hikmah, bahwasanya kebesaran Tuhan ada di setiap mata memandang. Tak hanya di Ka’bah saja, tapi juga di mana pun manusia berada—kehadiran Tuhan di dalam hati dan menjadi esensi dari ibadah. 


Sebagai penutup, penulis memberikan opsi baru dalam berdakwah kepada anak muda. Dakwah dikemas secara lembut dan dengan gaya kekinian. Dunia hiburan menjadi wadah dalam menyiarkan nilai Islam. 


Pendakwah asal Madura ini juga mengupas materinya secara lugas dan kritis yang disertai dengan dalil-dalil sebagai pendukung tulisannya. Ia memberikan sudut pandang moderat, sehingga pembaca tidak merasa diceramahi.


Tuhan ada di Hatimu disisipi dengan kisah-kisah dari para nabi dan tokoh-tokoh muslim yang menginspirasi. Kisah tersebut membantu pembaca untuk memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Dibutuhkan pembacaan yang komprehensif untuk memahami isi buku tersebut.

WMA

About Post Author

LPM Institut

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Buket Bunga Penyambung Hidup
Next post Janggal Pencopotan Hakim Konstitusi